Sholehah, Inayatus (2022) Pengaruh pembelajaran model think pair share dan mind mapping terhadap hasil belajar ips Pada siswa kelas 5 sd di gugus gajah mada Kecamatan bonang kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Permasalahannya adalah pembelajaran IPS masih konvensional dimana guru ceramah dan peserta didik hanya duduk, mendengarkan ceramah atau penjelasan materi dari guru. Sehingga siswa merasa bosan, jenuh, berkurangnya semangat belajar yang menyebabkan hasil belajar IPS menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis pengaruh pembelajaran model think pair share terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD di gugus Gajah Mada, (2) Menganalisis pengaruh pembelajaran model mind mapping terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD di gugus Gajah Mada, (3) menganalisis perbedaan pengaruh pembelajaran model think pair share dan mind mapping terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD di gugus Gajah Mada. Penelitian ini menggunakan non equivalent pretest posttest control group design, Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V sekolah Dasar di Gugus Gajah Mada Kecamatan Bonang. Sampel penelitian adalah SDN Purworejo 1, SDN Purworejo 2 sebagai kelas eksperimen dan SDN Tridonorejo 2 sebagai kelas kontrol dengan tehnik pengambilan sampel purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Think Pair Share dan mind maping sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis menggunakan uji t. dan N-gain Hasil penelitian adalah 1) terdapat pengaruh pembelajaran model think pair share terhadap hasil belajar IPS berdasarkan hasil uji hipotesisi diperoleh nilai nilai t hitung sebesar 4,574 dan t tabel sebesar 2.0117, maka nilai t hitung > t tabel. 2) terdapat pengaruh pembelajaran model mind mapping terhadap hasil belajar IPS berdasarkan hasil uji hipotesisi diperoleh nilai t hitung sebesar 4,574, t tabel 2.0227 maka t hitung > t tabel. 3) terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran model think pair share dan mind mapping terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD di gugus Gajah Mada. berdasarkan hasil uji hipotesisi diperoleh nilai t hitung 2.989 sedangkan t tabel sebesar 2.0211, maka t hitung > t tabel. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh model pembelajaran model think pair share dan mind mapping terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD di gugus Gajah Mada. Saran dari peneliti adalah hendaknya dapat menggunakan model think pair share dan mind mapping untuk pembelajaran lain dan kelas lain
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing :1.Dr. Dra. Sri Surachmi W, M.Pd. Dosen Pembimbing :2.Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd. |
Kata Kunci: | Think Pair Share, Mind Mapping, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 20:27 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 20:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17301 |
Actions (login required)
View Item |