Pengaruh peran serta lingkungan Ekologi belajar dan tingkat perkembangan diri siswa terhadap motivasi Belajar siswa sekolah dasar di kecamatan Nalumsari kabupaten jepara

Masudah, Anni (2022) Pengaruh peran serta lingkungan Ekologi belajar dan tingkat perkembangan diri siswa terhadap motivasi Belajar siswa sekolah dasar di kecamatan Nalumsari kabupaten jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dilaksanakan penelitian ini antara lain untuk mengetahui: 1). Pengaruh peran serta lingkungan ekologi belajar peserta didik terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar negeri di Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara; 2). Pengaruh tingkat perkembangan diri peserta didik terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar negeri di Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara; 3). Pengaruh peran serta lingkungan ekologi belajar dan tingkat perkembangan diri siswa ter-hadap motivasi belajar siswa sekolah dasar negeri di Kecamatan Nalumsari, Ka-bupaten Jepara. Penelitian ini merupakan Janis penelitian Kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Objek pada penelitian yang digunakan yaitu pada lingkup sekolah dasar negeri yang masuk dalam pengawasan Dabin 1 ‘Ki Hajar Dewantoro’ di Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara yang terdiri dari SDN 2 Bendanpete, SDN 1 Ngetuk dan SDN 1 Bategede. Subjek penelitian meli-puti siswa dan wali murid dari tiga sekolah dasar negeri tersebut yang miliki populasi mencapai 632 siswa dan penentuan sampling gunakan teknik Slovin (n=87). Teknik pengumpulan data gunakan metode observasi, dokumentasi dan kuesioner. Desain kuesioner mengunakan skala likert untuk ketiga variabel yang ada serta didasarkan pada pedoman instrumen yang telah dibuat. Responden penelitian untuk angket juga dibagi dalam dua kategori: 1). Angket variabel X1 berupa ‘lingkungan ekologi belajar’ diambilkan datanya dari orang tua murid; 2). Angket variabel X2 yaitu ‘tingkat perkembangan diri’ diambilkan datanya dari peserta didik selaku penerima layanan program BK di sekolah dasar; 3). Angket variabel terikat (Y) yakni ‘motivasi belajar’ diambilkan datanya dari peserta didik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan peneliti yaitu uji regresi parsial me-lalui uji t untuk variabel lingkungan ekologi belajar = 28,829 > t tabel = 1,662. Begitupun nilai Sig. 0,000 < Alpha 5% atau 0,05 sehingga uji hipotesisnya menerima H1 dan menolak Ho, hasil uji regresi parsial dengan uji t untuk varia-bel tingkat perkembangan diri siswa = 34,188 > t tabel = 1,662. Begitupun nilai Sig. 0,000 < Alpha 5% atau 0,05 sehingga uji hipotesisnya menerima H2 dan menolak Ho, Hasil uji regresi secara simultan didapat F hitung = 785,829 > F tabel = 3,10 dan nilai Sig. 0,000 < Alpha 5% atau 0,05 sehingga untuk uji hipotesisnya dinyatakan menerima H3 dan menolak Ho, Tingkat keterlibatan lingkungan ekologi belajar peserta didik (X1), tingkat perkembangan diri siswa (X2) dan tingkat motivasi belajar siswa memiliki kategori sangat baik. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) Kepala sekolah hendaknya melakukan evaluasi terkait kegiatan bimbingan dan konseling khususnya terkait peran lingkungan ekologi, pengembangan diri dan motivasi belajar siswa, 2) guru hendaknya mengembangkan bimbingan belajar secara komprehensif, 3) orang tua hendaknya mengupayakan pengawasan dan pendampingan belajar selama diling-kungan rumah, dan 4) siswa hendaknya meningkatkan motivasi belajarnya dan memaksimalkan daya guna potensinya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1.Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd. M.Pd., Dosen Pembimbing :2.Dr. Suad, M.Pd.
Kata Kunci: Lingkungan Ekologi Belajar, Perkembangan Diri, Motivasi Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 20:35
Last Modified: 15 Dec 2022 20:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17303

Actions (login required)

View Item View Item