ISRO'AH, NUR (2022) Peran kiai dalam penguatan karakter religius remaja (jama’ah musholla ar-rohman Desa karangwage-trangkil-pati). Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (976kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (639kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (750kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk kegiatan penguatan karakter religius remaja, untuk menganalisis hasil dari kegiatan penguatan karakter religius remaja, dan untuk menganalisis model kepemimpinan yang diterapkan dalam penguatan karakter religius remaja di desa Karangwage, Trangkil, Pati. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang di dasarkan pada studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Darwis (2010) menyebutkan ada lima fungsi yang dapat diperankan oleh agama yaitu, Mengendalikan kehidupan manusia secara dinamis kearah yang baik dan menjauhi perbuatan tercela, berkaitan dengan norma-norma kehidupan, adanya konsep pahala dan dosa yang menuntun perilaku manusia menuju perilaku yang baik untuk mendapatkan pahala dan dapat dijadikan contoh, bukan perilaku yang menimbulkan kerusakan dan mendatangkan dosa. Hasil penelitian di ketahui bahwa bentuk kegiatan penguatan karakter religius remaja digolongkan menjadi 2 bagian, yakni nilai Ilahiyah dan Insaniyah. Nilai Ilahiyah seperti shalat shubuh dimusholla, tadarus selesai shalat subuh, tadarus selesai shalat ashar (dibulan Ramadhan), tadarus selesai shalat Magrib, yasinan hari rabu malam kamis, berjanjen pada hari kamis, dan puasa sunah pada hari besar. Sedangkan secara Insaniyah kegiatanya berupa santunan anak yatim, dan bakti sosial. Hasil dari kegiatan penguatan karakter religius remaja berdasarkan nilai Ilahiyah dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, sedangkan berdasarkan nilai Insaniyah hasil penguatan karakter religius remaja dapat meningkatkan kepedulian sosial. Berdasarkan Model kepemimpinan yang diterapkan dalam penguatan religius remaja menggunakan tipe kepemimpinan paternalistic. Berdasarkan gaya kepemimpinan, kiai menggunakan gaya kepemimpinan motivatif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Dosen Pembimbing 2. Dr. Gunawan Setyadi, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kiai, Karakter Religius, Remaja |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 20:47 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 21:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17306 |
Actions (login required)
View Item |