Pengembangan media pembelajaran outdoor learning berbasis alam untuk peningkatan motivasi belajar anak tk di kragan rembang

Murniati, - (2022) Pengembangan media pembelajaran outdoor learning berbasis alam untuk peningkatan motivasi belajar anak tk di kragan rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan strategi yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik khususnya anak usia 5-6 tahun dengan mengembangkan hal-hal sebagai berikut : 1)Mengembangkan media pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) untuk meningkatkan motivasi belajar anak di kecamatan Kragan. 2)Menguji desain pengembangan media pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) dalam meningkatkan motivasi belajar anak didik di Kragan. 3)Mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) dalam meningkatkan motivasi anak didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Reseach and Development ( R&D) dengan subyek penelitian anak kelompok B di satuan Gugus PAUD Flamboyan. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara,observasi, angket/kuesioner dan dokumentasi. Setelah memperoleh data kemudian peneliti melakukan uji keabsahan data yaitu 1) Uji validitas dan 2) Uji reliabilitas. Langkah selanjutnya adalah menganalisis data, yaitu: 1) Analisis kelayakan model yang diperoleh dari ahli validator baik ahli media maupun ahli materi dan juga data yang diperoleh dari respon guru dan respon anak. 2) Analisis keefektifan model yang terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji coba kecil di atas yang mencapai tingkat validitas sebesar 76,6%, pengembangan media pembelajaran outdoor berbasis alam dengan menggunakan media pola berulang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar anak TK di klaster PAUD Flanders Kecamatan Clagan. Tidak perlu memotivasi diri sendiri. Ini akan direvisi untuk diuji di lapangan yang lebih besar. Hasil ini membuktikan bahwa pengembangan media pembelajaran luar ruang dapat diterapkan untuk pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran outdoor berbasis alam dengan pola pengulangan digunakan berdasarkan peningkatan kognitif anak setelah perlakuan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : (1)Dr. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd., Dosen Pembimbing : (2) Dr. Mochamad Widjanatrko, M.Si
Kata Kunci: Motivasi belajar, outdoor learning, media pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 20:51
Last Modified: 15 Dec 2022 20:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17307

Actions (login required)

View Item View Item