Pengaruh media loose part dan gambar tema lingkungan terhadap minat belajar anak usia dini

Shalichah, Siti (2022) Pengaruh media loose part dan gambar tema lingkungan terhadap minat belajar anak usia dini. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang difokuskan untuk meletakkan dasar bagi enam perkembangan dan pertumbuhan: perkembangan agama dan moral, perkembangan fisik, kecerdasan, sosial-emosi, bahasa dan komunikasi. Pengembangan aspek-aspek tersebut harus didasarkan pada minat belajar anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media bagian lepas dan citraan bertema ambient terhadap peningkatan minat belajar anak usia dini dalam partisipasi belajar di klaster Bougainville kabupaten. Penelitian ini dirancang sebagai studi penelitian untuk menjelaskan bagaimana pengaruh media bagian lepas dan citraan tema lingkungan dikaitkan dengan peningkatan minat belajar anak usia dini di klaster Bougainville Kecamatan Kragan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Peneliti menggunakan enam langkah pelaksanaan penelitian. Langkah-langkah investigasi adalah sebagai berikut: Merumuskan masalah, menentukan alasan, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Meliputi penggunaan media lepas dan gambar, pembelajaran observasional, dan validasi produk media lepas dan gambar. Meningkatnya minat belajar melalui analisis media dan gambar sebagian lepas Anak usia dini terdiri dari enam fase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan media loose-piece pada isu lingkungan berpengaruh signifikan terhadap minat belajar anak, berdasarkan nilai t-hitung 17.812 dan t-tabel 1,9977. nilai t hitung > t tabel 2) Dengan t tabel sebesar 1,9995 penerapan media gambar masalah lingkungan terhadap minat belajar anak berpengaruh signifikan terhadap t hitung > t tabel. Menggunakan nilai t hitung sebesar 14,483 dan t tabel sebesar 1,9939, t hitung > t tabel, media visual bertema lingkungan terhadap minat belajar anak. Kesimpulannya, penerapan media bagian lepas pada isu lingkungan dan penerapan isu lingkungan terhadap minat belajar siswa di Kelompok B Gugus Bugenville, Kabupaten Klagan, Provinsi Lembang berpengaruh signifikan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembibmbing :1.Dr Santosa, S.Pd. M. Pd Dosen Pembibmbing :2.Dr Muchammad Widjanarko, M.Si
Kata Kunci: media loose part dan gambar, minat belajar anak.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 21:00
Last Modified: 15 Dec 2022 21:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17309

Actions (login required)

View Item View Item