Pengembangan modul berbasis blended learning materi siklus hidup untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv

Utami, Dwi sri (2022) Pengembangan modul berbasis blended learning materi siklus hidup untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, menganalisis dan menguji keefektifan modul IPA berbasis blended learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R & D) atau Penelitian dan Pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model adaptasi dari borg and gall yang terdiri dari terdiri pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba awal lapangan, revisi hasil uji produk, uji lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji lapangan, penyempurnaan produk akhir, dan diseminasi dan implementasi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mangunan Lor Kabupaten Demak. Teknik analisis data menggunakan kelayakan produk, analisis data awal dan akhir (uji t dan uji N gain). Hasil penelitian: 1) Pengembangan modul berbasis blended learning berdasarkan hasil analisis kebutuhan tentang bahan ajar melalui observasi dan wawancara tentang kurangnya bahan ajar di masa pandemi. Pengembangan modul berbasis blended learning berisi materi siklus hidup hewan untuk pelajaran IPA kelas IV dengan penyususnan yang disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas IV 2) Modul berbasis blended learining dinyatakan layak digunakan untuk bahan ajar pada palajaran IPA di kelas IV materi siklus hidup hewan berdasarkan hasil validasi dan respon produk. . Hasil Validasi media sebesar 78% dengan kriteria layak digunakan. Sedangkan hasil validasi materi sebesar 68% dengan kriteri layak. Hasil respon siswa sebesar 92% dan respon guru. sebesar 93% dengan kriteria sangat baik. 3) Modul berbasis blended learining efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi siklus hidup hewan. berdasarkan nilai t dalam sekala terbatas 7,568, dan nilai t hitung pada uji produk luas sebesar 28,0644 , sehingga t hitung > t tabel. Nilai N-gain pada uji coba terbatas dan ujicoba produk luas pada kelas eksperimen menunjukan kriteria cukup efektif dibanding kelas kontrol dengan kriteria tidak efektif. Kesimpulannya adalah pengembangan modul berbasis blended learining merupakan pengembangan bahan ajar IPA di kelas IV materi siklus hidup hewan dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Saran penelitian adalah Guru sebaiknya lebih kreatif mengembangkan media pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil dan proses belajar siswa

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : (I) Dr. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd., Dosen Pembimbing : (2) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Kata Kunci: Modul, Blended learning, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 21:07
Last Modified: 15 Dec 2022 21:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17312

Actions (login required)

View Item View Item