Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan model stem terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas v sekolah dasar

ASRO, MUHAMMAD (2022) Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan model stem terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian adalah 1) Menganalisis pengaruh model Inkuiri terhadap hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar kelas V Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. 2) Menganalisis pengaruh model STEM terhadap hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar kelas V Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. 3) Menemukan perbedaan pengaruh model Inkuiri dan STEM terhadap hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar kelas V Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD se-Gugus Kartika Indah Kecamatan Wedung Kabupaten Demak yang berjumlah 167 siswa, dengan sampel penelitian sebanyak 83, yang terdiri dari SDN Kenduren 1 sejumlah 28 siswa, SDN Buko sejumlah 30 siswa dan SDN Tempel 1 sejumlah 35 siswa. Sedangkan Teknik untuk menganalisis data yang digunakan pada penelitian eksperimen ini menggunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, uji t dan uji n-gain. . Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Wedung Kabupaten Demak karena thitung > ttabel (6,166 > 2,0049). 2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran STEM terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Wedung Kabupaten Demak karena thitung > ttabel (5.836 > 2,0010) 3) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan STEM terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Wedung Kabupaten Demak karena thitung > ttabel (4,897 > 1,9996) Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri dan STEM terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Saran Guru hendaknya dapat mengembangkan model inkuiri dan model STEM untuk mata pelajaran lain

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr. Fitri Budi Suryani,S.S,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Dr.Sri Utaminingsih,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Inkuiri, Stem, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Dec 2022 18:07
Last Modified: 18 Dec 2022 18:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17328

Actions (login required)

View Item View Item