ASRO, MUHAMMAD (2022) Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan model stem terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (404kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (210kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (335kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (855kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian adalah 1) Menganalisis pengaruh model Inkuiri terhadap hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar kelas V Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. 2) Menganalisis pengaruh model STEM terhadap hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar kelas V Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. 3) Menemukan perbedaan pengaruh model Inkuiri dan STEM terhadap hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar kelas V Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD se-Gugus Kartika Indah Kecamatan Wedung Kabupaten Demak yang berjumlah 167 siswa, dengan sampel penelitian sebanyak 83, yang terdiri dari SDN Kenduren 1 sejumlah 28 siswa, SDN Buko sejumlah 30 siswa dan SDN Tempel 1 sejumlah 35 siswa. Sedangkan Teknik untuk menganalisis data yang digunakan pada penelitian eksperimen ini menggunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, uji t dan uji n-gain. . Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Wedung Kabupaten Demak karena thitung > ttabel (6,166 > 2,0049). 2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran STEM terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Wedung Kabupaten Demak karena thitung > ttabel (5.836 > 2,0010) 3) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan STEM terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Wedung Kabupaten Demak karena thitung > ttabel (4,897 > 1,9996) Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri dan STEM terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Saran Guru hendaknya dapat mengembangkan model inkuiri dan model STEM untuk mata pelajaran lain
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1.Dr. Fitri Budi Suryani,S.S,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Dr.Sri Utaminingsih,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Inkuiri, Stem, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 18 Dec 2022 18:07 |
Last Modified: | 18 Dec 2022 18:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17328 |
Actions (login required)
View Item |