Pengaruh pengelolaan pembelajaran dengan media kartun Dan media gambar foto terhadap pemahaman konsep fisika Di smp negeri 2 margorejo kabupaten pati Tahun pelajaran 2022/2023

Sa’dun, - (2022) Pengaruh pengelolaan pembelajaran dengan media kartun Dan media gambar foto terhadap pemahaman konsep fisika Di smp negeri 2 margorejo kabupaten pati Tahun pelajaran 2022/2023. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui perbedaan pengaruh pengelolaan pembelajaran menggunakan media kartun dengan pembelajaran menggunakan media konvensional terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margorejo, (2) mengetahui perbedaan pengaruh pengelolaan pembelajaran menggunakan media gambar foto dengan pembelajaran menggunakan media konvensional terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margorejo, dan (3) mengetahui perbedaan pengaruh pengelolaan pembelajaran menggunakan media kartun dengan pembelajaran menggunakan media gambar foto terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margorejo. Menurut Daryanto (2013) Pengelolaan kegiatan belajar mengajar merupakan proses pembelajaran utuh dan menyeluruh yang dimulai dari perencanaan dan pelaksanaan hingga evaluasi pembelajaran, termasuk evaluasi programnya dalam rangka mencapai tujuan pendidikan seperti yang telah ditentukan. Menurut Levie & Levie bahwa stimulus visual membuahkan hasil belajar yang lebih baik untuk tugas-tugas seperti mengingat, mengenali, mengingat kembali, dan menghubungkan fakta dengan konsep. Pembelajaran dengan kartun akan menciptakan belajar yang efektif karena dapat membawa siswa kedalam suasana yang menyenangkan. (Gordon Dryden, 2001). Media dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya dapat mempertinggi hasil belajar siswa. (Arif S Sadiman (2018). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Margorejo dari bulan Juli 2022 sampai dengan bulan Agustus 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan model posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan sampel berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data pemahaman konsep fisika diperoleh dari tes pemahaman konsep fisika dengan jumlah 40 item soal yang telah diuji validitas, realiabilitas, tingkat kesulitan, dan daya beda item soal. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis Uji t. Berdasarkan output hasil analisis uji-t diperoleh hasil sebagai berikut : (1) F1 = 0,027, maka diperoleh hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,000 ternyata lebih kecil daripada 0,05 (0,000 < 0,05) dengan demikian hipotesis kerja pertama (Ha) yang diajukan berbunyi ” terdapat perbedaan pengaruh pengelolaan pembelajaran menggunakan media kartun dengan pembelajaran menggunakan media konvensional terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margorejo” diterima, (2) F2 = 0.214, maka diperoleh hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,047 ternyata lebih kecil daripada 0,05 (0,047 < 0,05) dengan demikian hipotesis kerja kedua (H2) yang diajukan berbunyi ”terdapat perbedaan pengaruh pengelolaan pembelajaran menggunakan media gambar foto dengan pembelajaran menggunakan media konvensional terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margorejo” diterima, dan (3) F3 = 0.079, maka diperoleh hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,000 ternyata lebih kecil daripada 0,05 (0,000 < 0,05) dengan demikian hipotesis kerja ketiga (H3) yang diajukan berbunyi ”terdapat perbedaan pengaruh pengelolaan pembelajaran menggunakan media kartun dengan pembelajaran menggunakan media gambar foto terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margorejo” diterima.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1.Dr. Dra. Sri Surachmi W, M.Pd. Dosen Pembimbing :2.Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: pengelolaan pembelajaran, media kartun, media gambar foto, pemahaman konsep fisika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Dec 2022 18:14
Last Modified: 18 Dec 2022 18:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17329

Actions (login required)

View Item View Item