Izzah, Nailatul (2022) Pengembangan model pembelajaran blended learning berbasis kearifan lokal jepara untuk meningkatkan pemahaman konsep muatan pelajaran ips kelas iv. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu 1) menganalisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran blended learning berbasis kearifan lokal Jepara, 2) merumuskan desain pengembangan model pembelajaran blended learning berbasis kearifan lokal Jepara, 3) menganalisis kelayakan model pembelajaran blended learning berbasis kearifan lokal Jepara, dan 4) menganalisis efektivitas model pembelajaran blended learning berbasis kearifan lokal Jepara dalam meningkatkan pemahaman konsep IPS. Model pembelajaran blended learning adalah model pembelajaran yang memadukan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran tidak langsung. Sementara kearifan lokal adalah norma, nilai, dan kepercayaan yang dijadikan pedoman hidup masyarakat setempat. IPS merupakan salah satu muatan pelajaran yang membahas peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi mengenai isu sosial. Pemahaman konsep adalah kemampuan berpikir untuk memperoleh pengetahuan dengan cara yang berbeda-beda dalam hal-hal yang merangsang terjadinya kegiatan belajar. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan desain uji coba penyempurnaan produk the nonequivalent pretest-posttest control group design. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan tes. Analisis data yang dilakukan meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji kelayakan model pembelajaran, dan uji efektivitas. Uji kelayakan model pembelajaran meliputi validasi ahli dan pretest-posttest. Uji efektivitas model pembelajaran meliputi uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji efektivitas menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan 1) pengembangan model pembelajaran blended learning berbasis kearifan lokal Jepara dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman konsep muatan pelajaran IPS; 2) desain pengembangan model pembelajaran ini meliputi perencanaan, proses, dan evaluasi; 3) model pembelajaran blended learning berbasis kearifan lokal Jepara valid dan layak digunakan dengan skor rata-rata validasi ahli 84,375 ; dan 4) model pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS dengan P-value = 0,018 dan hasil uji n-gain kelas eksperimen sebesar 049.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing :1.Dr. Drs. Su’ad, M.Pd., Dosen Pembimbing :2.Dr. Santoso, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | model pembelajaran blended learning, kearifan lokal, pemahaman konsep, IPS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 18 Dec 2022 18:22 |
Last Modified: | 18 Dec 2022 18:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17331 |
Actions (login required)
View Item |