PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA EKSPLORATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL KUDUS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR ppkn SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Muna, Nailil (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA EKSPLORATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL KUDUS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR ppkn SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis kebutuhan lembar kerja siswaeksploratif berbasis kearifan lokal Kudus; 2) Merumuskan desain lembar kerja siswaeksploratif berbasis kearifan lokal Kudus; 3) Menganalisis kelayakan lembar kerja siswaeksploratif berbasis kearifan lokal Kudus; 4) Menganalisis keefektifan lembar kerja siswaeksploratif berbasis kearifan lokal kudus untuk peningkatan hasil belajar PPKn tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku pada kelas IV SD. Lembar kerja siswa merupakan suatu bahan ajar cetak berupa lembar-lembar kertas yang berisikan materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa. Pendekatan Eksploratif merupakan metode yang digunakan guru untuk belajar dengan memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membangun pengetahuan guna pembelajaran yang bermakna. Kearifan lokal Kudus merupakan kearifan lingkungan, identitas atau kepribadian, dan nilai-nilai luhur pada suatu budaya yang berkembang pada lingkungan Kudus. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Researc and Development, dengan desain the nonequivalent pretest-posttest control group design. Sumber data penelitian adalah guru dan siswa. Teknik prngumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang dilakukan meliputi uji keabsahan data, uji kelayakan bahan ajar, dan uji efektivitas. Uji kelayakan bahan ajar meliputi validasi ahli, pretest, dan posttest. Uji efektivitas bahan ajar terdiri dari uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji validitas dengan dua uji t. Hasil penelitian ini meliputi kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar. Kebutuhan guru dan siswa terkait bahan ajar yang mampu meningkatkan minat dan aktivitas siswa. Desain lembar kerja siswa ekploratif berbasis kearifan lokal meliputi perencanaan, proses, dan evaluasi. Hasil validasi ahli materi mencapai 98% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, ahli bahan mencapai 86% artinya bahan ajar sangat valid. Efektivitas penggunaan lembar kerja siswa ekploratif berbasis kearifan lokal berdasakan hasil uji t bahwa bpretset dan posttest mencapai hasil nilai sig kurang dari 0,05. Sehingga dapat dikatakan lembar kerja siswa lembar kerja siswa ekploratif berbasis kearifan lokal eketif untuk peningkatan hasil belajar PPKn.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr. Santoso,M.Pd Dosen Pembimbing 2.Dr.Ir.Endang Dewi Murrine,M.P.
Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa Eksploratif, Kearifan Lokal Kudus, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Dec 2022 18:25
Last Modified: 18 Dec 2022 18:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17332

Actions (login required)

View Item View Item