Pengembangan media animasi 2 dimensi berbasis karakter syekh jangkung dalam peningkatan social skills Anak usia dini di kabupaten pati

Rusmiati, - (2022) Pengembangan media animasi 2 dimensi berbasis karakter syekh jangkung dalam peningkatan social skills Anak usia dini di kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih ada beberapa anak yang kemampuan sosial emosionalnya belum berkembang secara optimal terlihat dari anak yang kurang bermain bersama anak-anak lain dilingkungan sekitarnya, kurangnya anak yang belum mau berbagi, kurangnya anak yang belum mau menolong, kurangnya bersikap kooperatif dengan teman, kurangnya rasa bertanggung jawab, belum memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan dilihat dari keadaan anak yang pada dasarnya, tidak suka terikat, belum suka pelajaran, belum bisa menjalankan kewajiban-kewajiban, merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran karena monoton, anak hanya ingin bermain dan membuang-buang waktu. Diperlukan stimulus untuk mendukung perkembangan keterampilan sosialnya dengan media animasi 2 Dimensi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis perencanaan Pengembangan Media Animasi 2 Dimensi Berbasis Karakter Syekh Jangkung Dalam Peningkatan Social Skills. (2) Menghasilkan desain Pengembangan Media Animasi 2 Dimensi Berbasis Karakter Syekh Jangkung Dalam Peningkatan Social Skills. (3) Menganalisis keefektifan Pengembangan Media Animasi 2 Dimensi Berbasis Karakter Syekh Jangkung Dalam Peningkatan Social Skills. Penelitian ini menggunakan mix-method dengan varian exploratory. Jenis penelitian adalah penelitian terapan dengan metode Research and Development (R&D). Populasi adalah anak didik TK swasta di Kabupaten Pati. Teknik sampling dengan purposive sampling. Data yang digunakan yakni data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen penelitian berupa wawancara/observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t. Hasil penelitian 1) perencanaan pengembangan media animasi 2 Dimensi berbasis karakter Syekh Jangkung meliputi analisis terhadap kebutuhan melalui pengamatan RPP, kemudian mengembangkan media animasi 2 Dimensi berbasis karakter Syekh Jangkung dengan alur cerita, desain karakter dan video animasi 2 Dimensi, perencanaan berikutnya diujicobakan dalam peningkatan social skills anak. 2) desain pengembangan media animasi 2 Dimensi berbasis karakter Syekh Jangkung dimulai dari pembuatan narasi, kemudian pembutaan storyboard, pembuatan aset dalam aplikasi digital 3) efektivitas pengembangan media animasi 2 Dimensi berbasis karakter Syekh Jangkung untuk meningkatkan social skills anak usia dini terbukti kebenarannya hal dapat dilihat dari nilai rata kemampuan sosial kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1.Dr. Drs. Su’ad, M.Pd. Dosen Pembimbing :2 Dr. Gudnanto, S.Pd., M.Pd., Kons
Kata Kunci: Media Animasi 2 Dimensi, Karakter Syekh Jangkung, Social Skills, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Dec 2022 18:31
Last Modified: 18 Dec 2022 18:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17333

Actions (login required)

View Item View Item