PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETHNO EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ZAINUDDIN, - (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETHNO EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Salah satu permasalahan pada pembelajaran saat ini adalah ke tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan kondisi lingkungan peserta didik. Umumnya bahan ajar yang ada di sekolah bersumber dari buku yang disediakan oleh pemerintah serta buku-buku yang beredar di pasaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan satu bahan ajar yang sesuai dengan kondisi lingkungan peserta didik dan dikemas dengan langkah -langkah pembelajaran yang menarik yang menuntut keaktifan peserta didik. Hipotesis bahan ajar Ethno edutainment ini dapat meningkatkan keaktifan siswa serta peningkatan pemahaman materi pembelajaran karena bahan materi ini bersumber dari lingkungan peserta didik sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang berfokus pada pengembangan bahan ajar dalam muatan IPA materi pelestarian sumber daya alam. Prosedur pengembangan diadaptasi menurut Borg & Gall kemudian dimodifikasi tanpa mengurangi subtansi dari model tersebut menurut Sumarni yang disebut dengan tahap lima mantap meliputi (1) Tahap Penelitian Pendahuluan, (2) Tahap Pengembangan Produk, (3) ahap Validasi Produk, dan (4) Tahap Uji Efektifitas, dan (5) Tahap Diseminasi. Kelas eksperimen dilakukan di SD 7 Cendono dan SD 1 Kedungdowo, sedangkan kelas kontrol dilakukan di SD 4 Piji dan SD 5 Margorejo. Uji statistik keefektivan bahan ajar dilakukan menggunakan SPSS 25 serta uji independent sample t tes. Hasil penelitian ini meliputi kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan yang mampu mengembangkan aktivitas siswa, mengkontruksikan pemahaman, menarik perhatian siswa, serta bahan ajar yang berkaitan dengan kearifan lokal Kabupaten Kudus. Desain bahan ajar ethno edutainment pembelajaran IPA meliputi analissi kurikulum, penentuan bahan ajar, penyusunan bahan ajar, dan komponen bahan ajar. Penerapan bahan ajar ethno edutainment pembelajaran IPA efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan uji t post-test kurang dari 0,05 yaitu nilai sig. mencapai 0,006. Dapat dikatakan bahwa ada perbedaan rata-rata antara skor eksperimen dan kontrol. Sedangkan pada Pretest tidak ada perbedaan rata-rata.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr. Erik Aditia Ismaya,M.A Dosen Pembimbing 2.Dr. Sri Utaminingsih,M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, Ethno Edutaintment, IPA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Dec 2022 18:45
Last Modified: 18 Dec 2022 18:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17336

Actions (login required)

View Item View Item