Septiana, Avif (2022) Pengembangan bahan ajar cerita rakyat berbasis kearifan lokal kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan bahan ajar cerita rakyat berbasis kearifan lokal Kabupaten Pati. (2) Mendeskripsikan desain produk pengembangan bahan ajar cerita rakyat berbasis kearifan lokal Kabupaten Pati,.(3) Mendeskripsikan validasi desain pengembangan bahan ajar cerita rakyat berbasis kearifan lokal Kabupaten Pati,(4) Efektivitas terhadap pengembangan bahan ajar cerita rakyat berbasis kearifan lokal Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall. Langkah pengembangan tersebut meliputi 8 langkah yaitu (1).potensi dn masalah;(2).pengumpulan data;(3).desain produk;(4).validitas expert;(5).revisi desain;(6).uji coba awal;(7).revisi produk;(8).pengembangan bahan ajar cerita rakyat berbasis kearifan lokal Kabupaten Pati. Pelaksanaan uji coba dilakukan pada 23 orang siswa di SD langenharjo 01 dan 26 orang siswa sebagai kelas eksperimen,dan di SD Dadirejo02 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan observasi, angket,tes, dan wawancara. Data hasil validasi dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor. `````````````Dari hasil uji normalitas yang peneliti peroleh yakni dari Kolmogorov-Smirnov kelas eksperimen sig. 0.200 > 0.05 maka data berdistribusi normal, sedangkan pada kelas kontrol sig. 0.200 > 0.05 maka data berdistribusi normal. Sedangkan hasil dari Shapiro-Wilk kelas kontrol sig. 0.529 > 0.05 maka data berdistribusi normal dan kelas eksperimen sig. 0.134 > 0.05 maka data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan uji n-gain score menunjukkan rata-rata n-gain score pada kelas eksperimen adalah 75.4408 (75%) termasuk kategori efektif. Dengan nilai minimal 57.69 dan nilai maksimal 96.30. Kelas kontrol dengan rata-rata 45.8395 (45%) dengan nilai minimal 23.08 dan maksimal 71.43. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar cerita rakyat berbasis kearifan lokal Kabupaten Pati efektif untuk kelas eksperimen dan pengembangan bahan ajar cerita rakyat berbasis kearifan lokal Kabupaten Pati kurang efektif untuk metode konvensional (kelas kontrol).
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing :1.Dr.Mohammad Khanzunnudin, M.Pd., Dosen Pembimbing :2.Dr. Murtono, M.Pd. |
Kata Kunci: | Bahan Ajar, Cerita Rakyat.Kearifan Lokal. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 18 Dec 2022 18:49 |
Last Modified: | 18 Dec 2022 18:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17337 |
Actions (login required)
View Item |