PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD DI KECAMATAN GEBOG

HIKMAWATI, FARIDA (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD DI KECAMATAN GEBOG. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan analisis kebutuhan terhadap model pembelajaran, mendeskripsikan desain model pembelajaran, menganalisis kelayakan, dan keefektifan model pembelajaran PjBL berbasis kearifan lokal untuk kemampuan berpikir kritis siswa yang dikembangkan. Spesifikasi produk pengembangan berupa modul pembelajaran kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan. Model pembelajaran Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan, namun menumbuhkan keterampilan siswa, sebagai proses pembelajaran yang nyata serta sebagai pengalaman belajar siswa. Pengintegrasian kearifan lokal dalam materi pembelajaran melalui model PjBL akan membuat pembelajaran lebih kontekstual karena masalah yang diangkat merupakan hal-hal yang dekat dengan lingkungan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan mengacu pada model Borg and Gall. Sumber penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SDN 2 Karangmalang dan SDN 4 Rahtawu. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Teknik analisis data untuk kelayakan modul menggunakan analisis data oleh validator materi, media dan praktisi. Uji Efektifitas menggunakan uji N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) guru dan siswa membutuhkan pengembangan model pembembelajaran PjBL berbasis kearifan lokal 2) pengembangan modul model pembembelajaran PjBL berbasis kearifan lokal 3) modul pembembelajaran PjBL berbasis kearifan lokal layak digunakan 4) pembembelajaran PjBL berbasis kearifan lokal efektif digunakan. Hasil validasi media memperoleh skor 149 dengan rata-rata 3 persentase 75%, hasil validasi materi memperoleh skor 61 dengan rata-rat 3,8 dan persentase 95%. Dari validator praktisi memperoleh skor 64 dengan rata-rata 3,64 dan persentase 90%. Uji keefektifan modul model pembelajaran PjBL berbasis kearifan lokal diperoleh dari uji t. Hasil uji t yaitu t hitung = 2,63 dan ttabel = 2,01537. Dengan demikian maka t hitung > t tabel. Maka diperoleh kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL berbasis kearifan lokal siswa kelas IV SD di kecamatan Gebog merupakan kebutuhan guru dan siswa, serta layak dan efektif digunakan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dr. Khamdun,M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Dr. Santoso,M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran PjBL, Kearifan Lokal, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Dec 2022 18:55
Last Modified: 18 Dec 2022 18:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17339

Actions (login required)

View Item View Item