Pengaruh budaya sekolah dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan Kinerja guru di sekolah dasar gugus hasanudin kecamatan kaliori kabupaten rembang

Kristiningsih, Nunuk (2022) Pengaruh budaya sekolah dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan Kinerja guru di sekolah dasar gugus hasanudin kecamatan kaliori kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar Gugus Hasanudin Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. (2) untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar Gugus Hasanudin Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. (3) untuk mengetahui perbedaan pengaruh budaya sekolah dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar Gugus Hasanudin Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel penelitian ini adalah guru di Sekolah Dasar Gugus Hasanudin Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang yang berjumlah 53 guru. Penggalian data menggunakan angket, dokumentasi dan uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan linieritas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian 1) Ada pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru di SD Gugus Hasanudin Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang, hal ini berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai Fhitung 254,551 > Ftabel 4,03. Adapun besar pengaruhnya berdasarkan nilai Rsquare sebesar 0,833. Hasil ini berarti bahwa 83,3% kinerja guru di SD Gugus Hasanudin Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang dipengaruhi oleh budaya sekolah sedangkan sisanya 16,7% dipengaruhi oleh faktor lain. 2) Ada pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Gugus Hasanudin Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang, hal ini berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai Fhitung 290,002 > Ftabel 4,03. Adapun besar pengaruhnya berdasarkan nilai Rsquare sebesar 0,850. Hasil ini berarti bahwa 85% kinerja guru di Sekolah Dasar Gugus Hasanudin Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang dipengaruhi oleh supervisi akademik kepala sekolah. Sedangkan sisanya 15% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh budaya sekolah dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru berdasarkan pengaruh yang diberikan budaya sekolah terhadap kinerja guru sebesar 83,3% sedangkan pengaruh yang diberikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 85%. Hasil ini menandakan bahwa pengaruh yang diberikan oleh supervisi kepala sekolah lebih besar dibandingkan dengan pengaruh budaya sekolah (85 > 83,3).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing :1.Dr. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd Dosen pembimbing :2.Dr. Su`ad, M.Pd
Kata Kunci: Budaya Sekolah, Supervisi Akademik, Dan Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Dec 2022 19:13
Last Modified: 18 Dec 2022 19:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17346

Actions (login required)

View Item View Item