Pengaruh model teams games tournament (tgt) dan Team assisted individualization (tai) berbasis flashcard terhadap hasil belajar siswa sd kelas vi Materi sistem tata surya

Karnilasari, - (2022) Pengaruh model teams games tournament (tgt) dan Team assisted individualization (tai) berbasis flashcard terhadap hasil belajar siswa sd kelas vi Materi sistem tata surya. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh Teams Games Tournament (TGT) berbasis flashcard terhadap hasil belajar siswa kelas VI materi sistem tata surya di gugus Nusa Indah kecamatan Mranggen 2) menganalisis pengaruh Team Assisted Individalization berbasis flashcard terhadap hasil belajar siswa Kelas VI materi sistem tata surya gugus Nusa Indah Kecamatan Mranggen. 3) menganalisis perbedaan pengaruh model Team Games Tournament (TGT) flashcard dan pembelajaran Team Assisted Individualization flashcard terhadap hasil belajar siswa kelas VI materi tata surya di gugus Nusa Indah Kecamatan Mranggen . Kajian variabel penelitian ini akan mengurai Model Pembelajaran Team Games Tournament dan Team Assisted Individalization berbasis flashcard terhadap hasil belajar siswa dalam materi sistem tata surya. Penelitian ini merupakan Jenis kuantitatif, dengan metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri di gugus Nusa Indah Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak sebanyak 223 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI Instrumen penelitian menggunakan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian terdapat perbedaan di group statistic di kelas Team Assisted Individualization (TAI) dengan kelas kontrol. Karena sig 0,001 < 0,05. dan t hitung> t tabel maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha. diterima. Ha diterima artinya terdapat pengaruh model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa. Terdapat perbedaan di group statistic di kelas Teams Games Tournaments (TGT) dengan kelas kontrol. Karena sig 0,00 < 0,05. dan t hitung> t tabel maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha. diterima. Ha diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Nilai rata-rata untuk kedua kelas terdapat perbedaan di group statistic di kelas TGT dan kelas TAI. Karena sig 0,000 < 0,05 Sedangkan nilai t hitung sebesar 3,910 dengan df=60 maka t tabel sebesar 1,9990 sehingga thitung> t tabel (3,910 > 1,9990), Karena sig 0,000 < 0,05. dan thitung> t tabel maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Ha diterima. artinya terdapat perbedaan pengaruh model Teams Games Tournaments (TGT) dan model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas VI materi sistem tata surya. Peneltian ini disarankan karena dapat memotivasi siswa saat belajar, guru dapat menggunakn model disesuaikan dengan materi yang relevan, Sekolah mendapat sumbangsih pemikiran dalam pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1.Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dosen Pembimbing :2.Dr. Eric Aditiya Ismaya, S. Pd, M. A.
Kata Kunci: Model pembelajaranl, TGT, TAI, Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Dec 2022 19:21
Last Modified: 18 Dec 2022 19:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17347

Actions (login required)

View Item View Item