Pengaruh penggunaan media pembelajaran powtoon terhadap motivasi dan hasil belajar materi ips pada siswa kelas iv sekolah dasar Kecamatan cluwak kabupaten pati

Yuliati, Dewi (2022) Pengaruh penggunaan media pembelajaran powtoon terhadap motivasi dan hasil belajar materi ips pada siswa kelas iv sekolah dasar Kecamatan cluwak kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh motivasi belajar materi IPS dengan media pembelajaran powtoon pada siswa kelas IV, 2) mengetahui pengaruh hasil belajar materi IPS dengan media pembelajaran powtoon pada siswa kelas IV, 3) mengetahui adanya perbedaan pengaruh motivasi belajar materi IPS dengan media pembelajaran powtoon pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan tipe eksperimen murni karena adanya kelas eksperimen dan kontrol, adapun desain yang digunakan adalah pretest posttest kontrol grup design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari prestest dan postest, dan juga menggunakan angket pada pengambilan motivasi belajar. Uji instrumen terdiri dari uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesulitan item, dan uji daya beda item pertanyaan. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dengan menggunakan N-gain dan uji t dalam analisis regresi. Hasil Penelitian: (1) Media pembelajaran powtoon berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Ngablak 01, hal ini berdasarkan perolehan nilai rata-rata (mean) N-Gain score skala pengukuran motivasi pada kelas eksperimen dengan menerapkan media pembelajaran powtoon memperoleh nilai 57% termasuk dalam kategori cukup efektif. (2) Media pembelajaran powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Ngawen. hal ini berdasarkan perolehan nilai bahwa rata-rata(mean) N-Gain score skala pengukuran hasil belajar pada kelas eksperimen dengan menerapkan media pembelajaran powtoon memperoleh nilai 55% termasuk dalam kategori cukup efektif. (3) Berdasarkan hasil uji tabel independent sample tes tabel output tersebut diketahui nilai sig pada Lavene’s Test adalah sebesar 0,548>0,05 yang mana hasil ini memiliki hasil uji t N-Gain skor lebih besar dari hasil belajar 0,541>0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar memiliki dampak yang lebih besar dari pada hasil belajar penggunaan media powtoon pada kelas IV SD materi IPS di Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr. Santoso, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing : 2.Dr. Gunawan Setiadi, S.IP., M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Powtoon, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Dec 2022 19:39
Last Modified: 18 Dec 2022 20:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17353

Actions (login required)

View Item View Item