Efektivitas pendekatan saintifik berbantuan media appetri terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik dan minat belajar peserta didik sma 2 bae kudus

Ridho, Muhammad Ali (2022) Efektivitas pendekatan saintifik berbantuan media appetri terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik dan minat belajar peserta didik sma 2 bae kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada efektifitas pendekatan saintifik berbantuan sebuah aplikasi APPETRI dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk menganalisis perbedaan terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan saintifik berbantuan media APPETRI. (2)Untuk menganalisis perbedaan terhadap minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan saintifik berbantuan media APPETRI. (3) Untuk menganalisis perbedaan kemampuan rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya pendekatan saintifik berbantuan media APPETRI dan pembelajaran langsung. (4) Untuk menganalisis pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantuan media APPETRI efektif dalam mencapai ketuntasan belajar. (5) Untuk menganalisis peningkatan sebelum dan sesudah menerapkan media APPETRI menggunakan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Tempat penelitian ini adalah SMA 2 Bae Kudus. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas X. Dalam penentuan kelas sample maka digunakan teknik sample purposive, dengan syarat kedua kelas sampel memiliki kemampuan yang hampir sama. Oleh karena itu, kelas sampel yang digunakan adalah Kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan model metode eksperimen. Bentuk penelitian ini adalah jenis penelitian semu (Quasy Experiment Research). Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest postest control grup design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, wawancara, dan pemberian tes kepada peserta didik. Analisis data awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas, serta uji kesamaan rata-rata. Sedangkan analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sampel, uji independent sampel t test, dan n-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian sesuai dengan rumusan masalah yang ada. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media APPETRI sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar peserta didik di SMA 2 Bae.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1. Jayanti Putri Purwaningrum, M.Pd., Dosen Pembimbing :2. Dr. Sumaji, M.Pd
Kata Kunci: APPETRI, Komunikasi Matematis, Minat Belajar, Pendekatan Saintifik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 18:24
Last Modified: 19 Dec 2022 18:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17365

Actions (login required)

View Item View Item