Pengaruh model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (air) berbantu geo apps Dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa

Rokhila, Roya (2022) Pengaruh model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (air) berbantu geo apps Dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa terlihat dari hasil tes uji pendahuluan yang dilakukan peneliti kepada siswa kelas VII B di SMP 5 Kudus, kemampuan pemahaman matematis siswa dengan presentase menyatakan ulang konsep 46, 88%, mengklasifikasikan objek 67,97%, menerapkan konsep secara algoritma 26,56%, memberikan contoh dan bukan contoh 32,81%, menyajikan konsep dalam berbagai representasi 19,53%; mengaitkan berbagai konsep 12,5%. Tujuan penelitian ini; (1) menganalisis rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran AIR berbantu aplikasi Geo Apps dengan rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. (2) menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan model AIR berbantuan aplikasi Geo Apps mencapai KKM. (3) menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman matematis sesudah menggunakan model AIR berbantuan aplikasi Geo Apps. Populasi dalam penelitian adalah kelas VII SMP 5 Kudus dengan kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Desain yang digunakan ialah Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data berupa tes. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir yang meliputi uji t dua sampel independent, uji t satu sampel independent dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan; 1) rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran AIR lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; 2) Kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model AIR berbantuan aplikasi Geo Apps mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70; 3) Adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematis sesudah menggunakan model AIR berbantuan aplikasi Geo Apps. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran AIR berbantuan aplikasi Geo Apps terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : (1) Jayanti Putri Purwaningrum, M. Pd. Dosen Pembimbing : (2) Himmatul Ulya, M.pd.
Kata Kunci: Aplikasi Geo Apps, Model AIR, Kemampuan Pemahaman Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 18:33
Last Modified: 19 Dec 2022 18:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17366

Actions (login required)

View Item View Item