MUNA, NAILUL (2022) Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran jarak jauh berbantu whatsapp ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (219kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (189kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (699kB) | Request a copy |
Abstrak
Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang masih rendah dikarenakan kemandirian belajar siswa belum maksimal sehingga perlu di tindak lanjuti. Disaat Pembelajaran dengan sistem Jarak Jauh (PJJ), guru hanya memberikan materi dan tugas yang dishare lewat Whatsapp Grup tanpa memberikan penjelasan secara detail. Maka dari itu perlu dilakukan suatu penelitian lebih lanjut mengenai kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel (PLSV dan PtLSV) dengan sistem pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan media Whatsapp. Berpikir kreatif merupakan kemampuan matematis tingkat tinggi yang meliputi aspek fluency (kelancaran), flexibility (kelenturan), orisinality (keaslian) dan elaboration (keterincian). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII-A SMP 4 Bae Kudus dengan sampel kelas VIII-A. Kemampuan berpikir kreatif matematis ini dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Setiap kategori akan akan diwakili 3 orang siswa untuk melakukan tes wawancara serta menjawab pertanyaan dalam bentuk angket. Teknik pemilihan subjek wawancara dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, mengisi angket kemandirian belajar dan soal kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel ( PLSV dan PtLSV ). Terdapat dua tahap dalam dalam penelitian ini yaitu: pemberian angket kemandirian belajar dan pemberian soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis disertai wawancara. Dari hasil penelitian menggunakan triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan hasil tes tertulis dengan tes wawancara menunjukkan bahwa siswa dengan kemandirian belajar tinggi mampu untuk menghasilkan banyak gagasan atau ide yang relevan, siswa dengan kemandirian belajar sedang dan siswa dengan kemandirian belajar rendah tidak mampu untuk menghasilkan banyak gagasan memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kreatif matematis.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Jayanti Putri Purwaningrum,S.Pd.,M.Pd Dosen Pembimbing 2. Himmatuln Ulya,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Jarak Jauh, WhatsApp, Kemandirian Belajar Siswa. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 18:36 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 18:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17367 |
Actions (login required)
View Item |