Faherma, Raveena Yasmine (2022) Pengaruh model experiental learning berbantuan emodul ethnoedutainment terhadap kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional adalah salah satu kemampuan abad 5.0 yang harus dimiliki peserta didik. Pembelajaran yang tidak mengkaitkan dengan kehidupan sehari-hari dapat membuat rendahnya hasil penalaran dan kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perubahan kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional karena pengaruh model Experiental Learning berbantuan Emodul Ethnoedutainment. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional yang memperoleh model pembelajaran Experiental Learning berbantuan emodul ethnoedutainment dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional dan perbedaan rata-rata kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional sesudah diterapkan model pembelajaran Experiental Learning berbantuan emodul ethnoedutainment lebih baik daripada sebelumnya. Model Experiental Learning cocok digunakan dengan berbantuan Emodul Ethnoedutainment karena untuk mengintegrasikan materi kedalam kehidupan sehari-hari diperlukan bukti konkretnya. Namun, untuk disukai peserta didik Emodul Ethnoedutainment ini dibuat praktis dengan ada pemanfaatan teknologi. Model Experiental Learning ini dibagi menjadi 4 tahapan, yaitu eksplorasi, pemfokusan, tantangan, dan penerapan. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 2 Bae Kudus dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket siswa. Analisis instrumen tes kemampuan penlaaran matematis siswa dalam penelitian ini meliputi analisis validasi, reabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran. Analisis data awal yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Sedangkan analisis data akhir adalah uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dan uji perbedaan rata-rata kelas sebelum dan setelah proses pembelajaran. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model Experiental Learning berbantuan Emodul Ethnoedutainment dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional pada mata pelajaran matematika materi integral matematika wajib di SMA Negeri 2 Bae Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing :(1) Himmatul Ulya, M.Pd. Dosen Pembimbing :(2) Henry Suryo Bintoro, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Experiental Learning, Emodul ethnoedutainment, Kemampuan Penalaran, Kecerdasan Emosional |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 18:41 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 18:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17368 |
Actions (login required)
View Item |