Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar kelas viii

Munawwaroh, Khotimatul (2022) Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar kelas viii. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan yang terjadi di SMP N 4 Kudus kelas VIII A adalah kemampuan pemecahan masalah yang rendah dikarenakan karena kurangnya bahan ajar dan bahan pendukung lainnya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan hanya 53% siswa yang tertarik untuk belajar matematika, 56% siswa merasa aktif belajar matematika, itu mempengaruhi tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII yang rendah. Penyebab dari rendahnya hal tersebut yaitu kurangnya media bahan ajar, 71% siswa membutuhkan media pembelajaran yang menarik yaitu e-modul yang dapat menjadikan media tersebut sebagai bahan ajar siswa secara mandiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan E-modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII; (2) menguji kevalidan E-modul Berbasis Etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII; (3) menguji kepraktisan E-modul Berbasis Etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII; (4) menguji keefektifan E-modul Berbasis Etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. Penelitian ¬Reseacrh and Development (R&D) ini dilaksanakan di kelas VIII A SMP N 4 Kudus. Adapun langkah-langkah penelitian ini menggunakan PPE antara lain: (1) Planning; (2) Production; (3) Evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi angket dan wawancara. Instrumen penelitian meliputi lembar wawancara (studi pendahuluan, analisis kebutuhan, uji skala luas, kepraktisan, keefektifan), lembar angket (studi pendahuluan, validasi ahli materi, validasi ahli media, kepraktisan, keefektifan). Analisis data yang digunakan meliputi analisis proses pengembangan media, validasi media, kepraktisan media, dan keefektifan media. Penggunaan e-modul dalam penelitian ini digunakan selama kegiatan pembelajaran matematika yang meliputi bagian pendahuluan, inti, dan penutup. Dengan konsep desain yang menarik yang dikaitkan dengan kebudayaan. Pada aplikasi ini memiliki keunggulan yaitu aplikasi dengan konten interaktif, berisi tentang kebudayaan yang ada di Indonesia yang dikaitkan dengan materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII. Hasil validasi e-modul etnomatematika dengan skor 3,41 dengan kriteria valid. Hasil penilaian kepraktisan guru dan siswa, guru menyatakan e-modul sangat praktis dengan skor 3,50 dan penilaian siswa menyatakan e-modul praktis dengan skor 3,45. Hasil keefektifan e-modul menunjukkan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil di atas, e-modul etnomatematika dinyatakan valid, praktis, dan efektif. E-modul etnomatematika dapat membantu siswa dalam belajar materi bangun ruang sisi datar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :(1) Dr. Sumaji, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing :(2) Himmatul Ulya, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: E-modul, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 18:49
Last Modified: 19 Dec 2022 18:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17371

Actions (login required)

View Item View Item