ANDRIANI, SYAFI’ (2022) PROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum adanya keseimbangan antara kemampuan koneksi matematis siswa dengan minat belajarnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui “Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Minat Belajar Siswa” kelas VIII B SMP 2 Jati Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII B SMP 2 Jati Kudus dengan subjek penelitian 9 siswa. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan minat belajar siswa yang telah dikelompokan menjadi 3 kategori, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Setelah dikelompokan menjadi tiga kategori, peneliti melakukan teknik proportionate stratified random sampling untuk menentukan 3 subjek dari masing-masing kategori minat belajar yang diperoleh sebelumnya dan diperoleh subjek dari kategori tinggi, yaitu ST1, ST2, dan ST3, sedangkan pada kategori sedang, yaitu SS1, SS2, dan SS3, dan pada kategori rendah diperoleh SR1, SR2, dan SR3. Teknik Pengumpulan data diambil melalui tes kemampuan koneksi matematis, pengisian angket minat belajar dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari empat tahapan, yaitu pengumpulan data yang dilakukan sebelum proses penelitian dimulai, kemudian peneliti merangkum data atau reduksi data, selanjutnya peneliti menyajikan data dengan menjabarkan data yang telah diperoleh dalam bentuk uraian singkat. Setelah dilakukan penelitian terhadap 9 subjek diperoleh adanya ketidakseimbangan antara minat belajar dan koneksi matematis siswa. Pada kategori minat belajar tinggi subjek ST1 mempunyai kemampuan koneksi matematis rendah, subjek ST2 mempunyai kemampuan koneksi yang tinggi, dan subjek ST3 mempunyai kemampuan koneksi matematis yang rendah. Sedangkan kategori minat belajar sedang subjek SS1 mempunyai kemampuan koneksi matematis tinggi, subjek SS2 mempunyai kemampuan koneksi matematis yang sedang, dan subjek SS3 mempunyai kemampuan koneksi matematis yang rendah, dan pada kategori rendah subjek SR1 mempunyai kemampuan koneksi matematis sedang, subjek SR2 mempunyai kemampuan koneksi matematis yang tinggi, dan subjek ABT berkemampuan koneksi sedang. Jadi, siswa yang mempunyai minat belajar tinggi belum semuanya mempunyai kemampuan koneksi matematis yang tinggi, siswa yang mempunyai minat belajar sedang juga belum tentu mempunyai kemampuan koneksi matematis sedang dan begitu juga dengan siswa yang mempuyai minat belajar rendah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Henry Suryo Bintoro,S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Savitri Wanabuliandari,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Kemampuan Koneksi Matematis, Minat Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 18:55 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 18:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17372 |
Actions (login required)
View Item |