Rahmadayanti, Annisa (2022) Pengaruh model connecting, organizing, reflecting and extending berbantuan modul digital interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang disebabkan beberapa faktor, diantaranya tidak adanya media pembelajaran yang digunakan, serta metode pembelajaran yang diterapkan guru masih bersifat konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menganalisis perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan setelah diajarkan menggunakan model CORE berbantuan modul digital interaktif; (2) menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CORE berbantuan modul digital interaktif mencapai ketuntasan belajar; dan (3) mengganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis secara individu dan klasikal dengan model CORE berbantuan modul digital interaktif. Jenis penelitian ini menggunakan metode One Group Pretest-Posttes Design, dengan populasi 9 siswa kelas V SD 5 Puyoh. Pengambilan teknik sampling yang digunakan yaitu dengan cara Sampling Jenuh dengan sampelnya adalah seluruh siswa kelas V. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model CORE dan e-modul sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data yang digunakan antara lain analisis data awal yang meliputi uji normalitas. Analisis data akhir yang digunakan antara lain paired sampel t-test, uji one sample t-test, uji z, dan uji n-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan setelah diajarkan menggunakan model CORE berbantuan modul digital interaktif mengalami perbedaan; (2) proporsi siswa yang tuntas KKM setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model CORE berbantuan modul digital interaktif lebih dari 75%; (3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berpengaruh sebesar 0,56. Kesimpulan dari penelitian ini, model pembelajaran CORE berbantuan model digital interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Sehingga perlu adanya pengembangan modul digital interaktif untuk diterapkan pada materi lain agar dapat meningkatkan motivasi dan semangat siswa untuk belajar secara mandiri
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing :(1) Jayanti Putri Purwaningrum, M.Pd. Dosen Pembimbing :(2) Ratri Rahayu, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Modul Digital Interaktif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 18:58 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 18:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17373 |
Actions (login required)
View Item |