Efektivitas pembelajaran realistic mathematics education (rme) berbantuan video pembelajaran bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Fadhilah, Maimunatul (2022) Efektivitas pembelajaran realistic mathematics education (rme) berbantuan video pembelajaran bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran langsung dapat menyebabkan rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dan kurang aktifnya siswa dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Kelas VIII G SMP 3 Bae yang menunjukkan bahwa siswa yang tuntas hanya sebesar 13%. Tujuan penelitian ini yaitu, 1) menganalisis perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan video pembelajaran bernuansa etnomatematika dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung; 2) menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan video pembelajaran bernuansa etnomatematika; 3) menganalisis proporsi siswa yang tuntas antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan video pembelajaran bernuansa etnomatematika dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian kuantitatif ini akan dilaksanakan di kelas VIII SMP 3 Bae dengan mengambil sampel dua kelas, yaitu kelas 8F dan 8G yang digunakan sebagai sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, uji N-Gain, dan uji z beda proporsi dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan video pembelajaran bernuansa etnomatematika dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung, (2) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa setelah belajar melalui penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan video pembelajaran bernuansa etnomatematika, (3) Proporsi siswa yang tuntas dalam pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan video pembelajaran bernuansa etnomatematika lebih besar daripada siswa yang tuntas dalam pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan video pembelajaran bernuansa etnomatematika efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :(1) Himmatul Ulya, S. Pd., M. Pd. Dosen Pembimbing :(2) Jayanti Putri Purwaningrum, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Konsep Matematis, Realistic Mathematics Education, Video Pembelajaran, Etnomatematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 19:06
Last Modified: 19 Dec 2022 19:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17376

Actions (login required)

View Item View Item