Pengaruh pendekatan pmri berbantuan aplikasi ethnobaristar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di masa pandemi covid-19

Alfiani, Laili (2022) Pengaruh pendekatan pmri berbantuan aplikasi ethnobaristar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di masa pandemi covid-19. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 saat ini, menyebabkan siswa kurang memahami materi dan penjelasan yang diberikan oleh guru. Salah satu penyebabnya adalah faktor cara mengajar guru yang membosankan dan masih menggunakan metode pembelajaran langsung yang berpusat pada guru. Hal ini dibuktikan dengan hasil studi pendahuluan tes pemahaman konsep yang menyatakan sebanyak 93,54% siswa belum mampu menyelesaikan tes dengan baik. Siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematisnya dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata sebesar 49,92 dengan nilai KKM adalah 73. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas yang diajarkan dengan pendekatan PMRI berbantuan Aplikasi Ethnobaristar lebih baik daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan pembelajaran langsung, (2) untuk menguji pendekatan PMRI berbantuan Aplikasi Ethnobaristar berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (3) untuk menguji kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang meningkat setelah diterapkan pendekatan pembelajaran PMRI berbantuan Aplikasi Ethnobaristar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP N 1 Bangsri Jepara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian eksperimen yaitu desain Quasi Eksperimental. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan PMRI dan aplikasi android Ethnobaristar. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes. Analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif deskriptif. Analisis data awal yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Kesamaan Rata-rata (Uji T) dan analisis data akhir yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis pertama menggunakan Uji Independent Sample T Test, Uji Hipotesis kedua menggunakan Uji One Sample Test, Uji Hipotesis ketiga menggunakan Analisis N-Gain (Normalized Gain). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas yang diajarkan dengan pendekatan PMRI berbantuan Aplikasi Ethnobaristar lebih baik daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan pembelajaran langsung, (2) Dengan pendekatan PMRI berbantuan Aplikasi Ethnobaristar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 73, (3) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan PMRI berbantuan Aplikasi Ethnobaristar dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,61 yang mencapai kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan PMRI berbantuan Aplikasi Ethnobaristar terbukti berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :(1) Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing :(2) Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Aplikasi Ethnobaristar; Pemahaman Konsep Matematis; PMRI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 19:15
Last Modified: 19 Dec 2022 19:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17379

Actions (login required)

View Item View Item