Efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan square triangle apps terhadap pencapaian kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar siswa

Rohmah, Ayu Naili (2022) Efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan square triangle apps terhadap pencapaian kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Model pembelajaran langsung dapat menyebabkan rendahnya pemahaman konsep dan menurunnya minat belajar siswa di SMPN 5 Kudus. Hal ini dibuktikan dengan studi pendahuluan kemampuan pemahaman konsep dengan menyatakan menyatakan ulang konsep 33,1%, mengklasifikasikan objek 29,6%, menerapkan konsep 17,2%, memberikan contoh atau kontra contoh 39,3%, menyajikan konsep 32,41%, mengaitkan berbagai konsep 26,9%. Tujuan penelitian ini menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan modelpembelajaran reciprocal teaching berbantuan square triangle apss lebih baik dibanding dengan pembelajaran langsung, menguji kemampuan pemahaman konsep siswa dengan model reciprocal teaching berbantuan square triangle apss mencapai KKM, menguji minat belajar siswa berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan square triangle apss. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk penelitian quasi experimental desaint. Penelitian ini dilakukan di kelas VII E dan F SMPN 5 Kudus dengan sampel 58 siswa dari jumlah populasi sebanyak 244 siswa. Variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar sedangkan variabel bebasnya adalah model reciprocal teaching berbantuan square triangle apps. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis data akhir meliputi uji t dua sampel independent, z satu sampel, dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan menggunakan model reciprocal teaching berbantuan square triangle apss lebih baik dibanding dengan pembelajaran langsung, kemampuan pemahaman konsep siswa dengan model reciprocal teaching berbantuan square triangle apss mencapai KKM, minat belajar siswa berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep menggunakan model reciprocal teaching berbantuan square triangle apss. Berdasarkan hasil penelitian tersebut sebaiknya pembelajaran dengan model reciprocal teaching berbantuan square triangle apps dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar pada materi segiempat dan segitiga, model reciprocal teaching perlu diterapkan pada materi lain supaya kemandirian belajar siswa lebih meningkat sehingga kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki siswa juga bertambah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :(1) Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing :(2) Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Square Triangle Apps, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Minat Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 19:25
Last Modified: 19 Dec 2022 19:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17382

Actions (login required)

View Item View Item