Pengaruh model pembelajaran core berbantuan e-modul arial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

DITASARI, DWI DIAN (2022) Pengaruh model pembelajaran core berbantuan e-modul arial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CORE berbantuan e-modul Arial lebih baik daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (2) untuk menguji kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model CORE berbantuan e-modul Arial mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) (3) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran CORE berbantuan e-modul Arial. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk penelitian Quasi Experimental. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMPN 5 Pati. Pengambilan sampel menggunakan teknik pertimbangan tertentu atau Purposive Sampling, yang menjadi sampel adalah kelas VII-B sebagai kelas kontrol sedangkan kelas VII-C sebagai kelas eskperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model CORE dan e-modul Arial sedangkan variabel terikat adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir yang meliputi uji Independent Sample t Tes, uji t satu sampel dan uji n-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran E-Modul Arial lebih baik daipada rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang dijarkan dengan model pembelajaran langsung, 2) proporsi siswa yang tuntas KKM setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran CORE berbantuan E-Modul Arial tidak lebih baik dari 75%, 3) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berpengaruh sebesar 0,60 mencapai kiteria sedang menggunakan model pemebalajaran CORE berbantuan e-modul Arial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran CORE berbantuan E-Modul Arial terbukti meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Himayatul Ulya S.Pd., M.Pd 2. Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: E-Modul Arial, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dan Model Pembelajaran CORE
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 19:38
Last Modified: 20 Dec 2022 22:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17385

Actions (login required)

View Item View Item