Tindak tutur ilokusi direktif dalam film guru-guru gokil karya sammaria simanjuntak

Zamroni, Atif (2022) Tindak tutur ilokusi direktif dalam film guru-guru gokil karya sammaria simanjuntak. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan wujud tindak tutur ilokusi direktif yang terdapat dalam film Guru-Guru Gokil Karya Sammaria Simanjuntak. (2) mendeskripsikan fungsi tindak tutur ilokusi direktif yang terdapat dalam film Guru-Guru Gokil Karya Sammaria Simanjuntak. Penelitian ini penting karena belum ada yang meneliti dan dalam film Guru-Guru Gokil Karya Sammaria Simanjuntak mengandung banyak sekali pesan yang dapat diambil. Dalam film tersebut menceritakan tentang pandangan dan perjuangan menjadi seorang guru dan di dalam film ini peneliti menemukan tindak tutur direktif yang perlu untuk dikaji lebih mendalam. Data diambil dari tuturan pada film Guru-Guru Gokil. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dikumpulkan oleh peneliti menggunakan metode simak melalui teknik Simak Bebas Libat Cakap agar mendapatkan hasil percakapan yang mengandung tindak tutur direktif dalam Guru-Guru Gokil. Analisis data menggunakan metode padan pragmatik yang meliputi identifikasi, klasifikasi, interpretasi, pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat temuan wujud tindak tutur ilokusi direktif dan fungsi tindak tutur ilokusi direktif yang terdapat dalam Film Guru-Guru Gokil Karya Sammaria Simanjuntak. Wujud keseluruhan data yang terkumpul ada 73 data yang terbagi dalam 2 jenis tindak tutur, yaitu tindak tutur ilokusi direktif langsung dan tindak tutur ilokusi direktif tidak langsung. Fungsi tindak tutur ilokusi direktif yang terdapat dalam film terdapat 6 data mengenai fungsi tindak tutur ilokusi direktif nasehat, 33 data mengenai fungsi tindak tutur ilokusi direktif perintah, 29 data mengenai fungsi tindak tutur ilokusi direktif permintaan, dan 5 data mengenai fungsi tindak tutur ilokusi direktif saran. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan dalam penelitian ini peneliti menyampaikan saran yang kiranya dapat berguna bagi pihak-pihak tertentu. Peneliti membahas wujud tindak tutur ilokusi direktif dan fungsi tindak tutur ilokusi direktif dalam film “Guru-Guru Gokil karya Sammaria Simanjuntak”. Bagi pihak yang hendak melakukan penelitian sejenis dengan penelitian ini, disarankan untuk melakukan penelitian tindak tutur ekpresif atau lainnya. Penelitian mengenai tindak tutur ilokusi direktif dalam film belum peneliti temui. Apalagi dalam lingkungan pendidikan, saran penelitian ini juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa, baik tulis maupun lisan. Peneliti berharap penelitian ini dapat dijadikan panduan untuk penelitian lainnya

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing : 2.Mila Roysa, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Tindak Tutur, Ilokusi Direktif, Film Guru-Guru Gokil.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 19:40
Last Modified: 19 Dec 2022 19:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17388

Actions (login required)

View Item View Item