Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan trigo app (trigonometry application) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

KUSUMANINGRUM, TRIBUANA TEGAR (2022) Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan trigo app (trigonometry application) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA 1 Gebog. Berdasarkan hasil tes studi pendahuluan yang diikuti oleh siswa kelas X MIPA SMA 1 Gebog, menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 41,5 yang mana masih perlu bimbingan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan Trigo App lebih baik daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung (2) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan Trigo App mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) (3) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model Problem Based Learning berbantuan Trigo App (4) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning berbantuan Trigo App. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk penelitian semu (Quasy Experiment Research). Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA 1 Gebog Tahun Pelajaran Genap 2021/2022 pada kelas X MIPA. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes yaitu wawancara dan teknik tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matemtis siswa. Analisis data yang digunakan antara lain analisis data awal dan analisis data akhir. Analisis data awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Analisis data akhir yang digunakan antara lain : uji t dua sampel independent, uji t satu sampel, uji t dua sampel dependent, dan n-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model PBL berbantuan Trigo App lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. 2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model PBL berbantuan Trigo app dapat mencapai KKM. 3) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih baik setelah diajar dengan menggunakan model PBL berbantuan Trigo app. 4) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat sebesar 0,62 setelah diajar dengan menggunakan model PBL berbantuan Trigo App. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Trigo app terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Savitri Wanabuliandari S.Pd., M.Pd 2. Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Trigo App, Model Problem Based Learning, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 19:56
Last Modified: 20 Dec 2022 21:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17389

Actions (login required)

View Item View Item