Efektivitas model accelerated-problem based learning berbantuan aplikasi bangun ruang (abaru) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa

ANGGRAENI, DINA RANGGA (2022) Efektivitas model accelerated-problem based learning berbantuan aplikasi bangun ruang (abaru) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran secara langsung menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil tes studi pendahuluan pada kelas IX G di SMP 5 Kudus, yang memperoleh rata-rata sebasar 61, dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 46. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas yang diajarkan dengan model A-PBL berbantuan Abaru efektif daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. 2) menguji kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mencapai KKM. 3) menguji pengaruh disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. 4) menguji peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. 5) menguji peningkatan disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini mengunakan kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk penelitian Quasi Experimental. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas IX H SMP 5 Kudus dengan subjek penelitian 32 siswa dan guru. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis, dan disposisi matematis siswa. Sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Accelerated-Problem Based Learning (A-PBL) berbantuan Abaru. Teknik pengumpulan data meliputi tes, dan angket. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan antara lain analisis data yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir yang meliputi uji t dua sampel independen, uji t satu sampel, uji regresi, dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, 1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas yang diajarkan dengan model A-PBL berbantuan Abaru lebih efektif daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. 2) kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai KKM. 3) terdapat pengaruh disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. 4) mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kategori sedang. 5) mengalami peningkatan disposisi matematis siswa dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran A-PBL berbantuan Abaru terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Dalam penelitian diharapkan guru mampu berperan aktif dalam menghidupkan kelas agar menghasilkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang tinggi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Henry Surya Bintoro, S.Pd., M.Pd. 2. Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aplikasi Bangun Ruang (Abaru), Disposisi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Accelerated-Problem Based Learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 20:17
Last Modified: 20 Dec 2022 21:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17401

Actions (login required)

View Item View Item