Persepsi anak dalam hasil karya gambar sebagai representasi sosial lingkungan sekitar pada siswa kelas iv sd 1 jepang

HANDAYANI, SAYEKTI (2022) Persepsi anak dalam hasil karya gambar sebagai representasi sosial lingkungan sekitar pada siswa kelas iv sd 1 jepang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik gambar yang diungkapkan oleh siswa kelas IV SD 1 Jepang berdasarkan representasi sosial lingkungan dan menganalisis persepsi anak dalam hasil karya gambar sebagai representasi sosial lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SD 1 Jepang. Ekspresi seni dalam kehidupan telah membuktikan bahwa seni merupakan suatu kebutuhan. Ungkapan seni dan lingkungannya mempunyai hubungan timbal balik. Anak yang tumbuh di lingkungan pedesaan, memiliki pengalaman interaksi yang berbeda. Interaksi anak dengan lingkungan apabila diekspresikan secara visual dapat menghasilkan struktur, bentuk,dan corak yang berbeda satu sama lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode naratif. Adapun sumber data primer adalah siswa kelas IV SD 1 Jepang. Sumber data sekunder berasal dari guru, jurnal, dokumentasi, catatan lapangan mengenai persepsi anak terhadap hasil gambar sebagai representasi sosial lingkungan sekitar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik gambar siswa kelas IV SD 1 Jepang termasuk dalam tahap periodesasi bagan. Tipe gambar anak yang terdapat dalam karya gambar termasuk tipe visual. Bentuk ungkapan gambar beragam antara lain bentuk pengulangan, dimensi dan penumpukan. Persepsi anak dalam hasil karya gambar menunjukkan representasi sosial lingkungan sekitar. Dimana anak melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar lalu menuangkannya dalam bentuk objek gambar. Penelitian ini hendaknya tenaga pengajar menmbah ilmu pengetahuannya mengenai kegiatan menggambar pada siswa SD. Sehingga, dapat memberikan pengetahuan dan pelatihan yang maksimal mengenai menggambar yang baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi Anak. Hasil Karya Gambar. Representasi Sosial Lingkungan Sekitar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 20:20
Last Modified: 19 Dec 2022 20:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17402

Actions (login required)

View Item View Item