Kesantunan berbahasa dalam interaksi sosial Santri putri di pondok pesantren Al haromain kudus

Hanifah, Dzikriana Lailatul (2022) Kesantunan berbahasa dalam interaksi sosial Santri putri di pondok pesantren Al haromain kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Bahasa adalah alat komunikasi dan kerja sama yang paling efektif. Kesantunan berbahasa merupakan hal yang paling tepat digunakan dalam berkomunikasi, karena dengan bahasa santun seseorang mampu menjaga harga dan martabat dirinya maupun orang lain. Penggunaan bahasa santun perlu ditingkatkan khususnya pada kalangan santri yang menjadi sorotan masyarakat bahwa santri ketika berinteraksi mengutamakan kesantunan berbahasa. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian di Pondok Pesantren Al Haromain Kudus. Pelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kesantunan berbahasa dalam interaksi sosial santri putri. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan gambaran wujud kesantunan berbahasa verbal dan wujud kesantunan berbahasa nonverbal serta faktor-faktor yang melatarbelakangi kesantunan berbahasa dalam interaksi sosial santri putri di pondok pesantren Al Haromain Kudus. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, rekam, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data, peneliti menggunakan metode padan pragmatik untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam interaksi sosial santri putri di Pondok pesantren Al Haromain Kudus. Hasil data yang disajikan secara informal yaitu perumusan dengan kata-kata atau bahasa. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan (1) Wujud kesantunan berbahasa verbal adalah tuturan yang mematuhi dan pelanggarn dalam prinsip kesantunan, yakni 35 pematuhan dan 25 pelanggaran terhadap maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim kesimpatian. Selain itu 60 data tuturan dilengkapi dengan wujud kesantunan berbahasa non verbal berupa ekspresi wajah, gestur tubuh, intonasi bicara. (2) Peneliti menemukan beberapa faktor yang melatarbelakangi kesantunan berbahasa, faktor-faktor tersebut terdiri dari tingkat pendidikan, perbedaan usia, status sosial, adanya sikap tawadlu’, pengajaran kitab ta’limul muta’alim. Hasil temuan peneliti, dapat dijadikan referensi pembelajaran kajian pragmatik bagi mahasiswa program studi bahasa dan sastra Indonesia. Selain itu, hasil faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesantunan berbahasa dalam interaksi sosial santri putri di Pondok Pesantren Al Haromain Kudus dapat diadopsi dan diimplementasikan dalam penggunaan bahasa bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr. Irfai Fathurohman, S. Pd., M. Pd. Dosen Pembimbing : 2.Muhammad Noor Ahsin, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Interaksi Sosial, Kesantunan Berbahasa, Pondok Pesantren.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 20:17
Last Modified: 19 Dec 2022 20:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17403

Actions (login required)

View Item View Item