Ningrum, Dwi Maula Fitria (2022) Penggunaan aplikasi wattpad dalam pembelajaran menulis nilai-nilai budaya, sosial, moral, agama, dan pendidikan dalam cerita pendek pada siswa kelas xi sma n 1 mejobo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat terutama dalam bidang pendidikan peranan media sangat dibutuhkan siswa untuk menarik minat belajar. Penulis menggunakan media wattpad pada saat pembelajaran menulis cerpen agar dapat merangsang kreativitas, minat menulis siswa dan untuk melihat kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI MIPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam menulis cerita pendek menggunakan aplikasi wattpad di SMA kelas XI MIPA 1 dan mengetahui kreativitas belajar siswa dalam menulis nilai-nilai budaya dalam cerita pendek pada kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Mejobo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskritif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Mejobo dan objeknya adalah cerpen yang ditulis siswa dengan menggunakan aplikasi wattpad. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sampel penelitian yang diambil yaitu kelas XI MIPA 1. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan kreativitas siswa dalam pembelajaran menulis nilai-nilai budaya, sosial, agama, moral, pendidikan dalam cerita pendek menggunakan aplikasi wattpad di kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Mejobo Kabupaten Kudus mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan wattpad yang ditunjukkan dengan observasi dan angket dari aktivitas yaitu bahwa ketuntasan sebelum dilaksanakannya pembelajaran menggunakan wattpad mencapai 62,29%. Kemudian setelah dilaksanakannya pembelajaran menulis menggunakan wattpad meningkat menjadi 64,61%. Kreativitas siswa juga meningkat yang awalnya 58,73% menjadi 66,38%. Dengan demikian, maka dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia menulis cerita pendek dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa kelas XI MIPA 1 SMA 1 Mejobo Kabupaten Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pendidikan : 1.Ristiyani, S. Pd., M. Pd. Dosen Pendidikan : 2.Mila Roysa, S. Pd., M. Pd. |
Kata Kunci: | Media Aplikasi Wattpad, Aktivitas Siswa, Kreativitas, Menulis Cerita Pendek |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 20:25 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 20:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17404 |
Actions (login required)
View Item |