Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dan Snowball Drilling Berbasis Bimbingan Dan Berbantuan Media Massa Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips

Sukiman, - and Oktavianti, Ika and Nisa, Aisyah Nur Sayidatun and santoso, - (2013) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dan Snowball Drilling Berbasis Bimbingan Dan Berbantuan Media Massa Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. [Experiment]

[thumbnail of HAL DEPAN]
Preview
PDF (HAL DEPAN)
hal_depan.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (149kB)
[thumbnail of BAB II]
Preview
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (361kB)
[thumbnail of BAB III]
Preview
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (235kB)
[thumbnail of BAB IV]
Preview
PDF (BAB IV)
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (61kB)
[thumbnail of BAB V]
Preview
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (61kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar peningkatan keaktifan dan prestasi belajar IPS setelah diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dan Snowball Drilling berbasis bimbingan dan berbantuan media massa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Tumpangkrasak 2 Kecamatan Jati Kabupaten Kudus dengan subyek penelitian siswa kelas III dan fokus penelitian pada keaktifan dan prestasi belajar. Data dikumpulkan dengan teknik observasi partisipasif, pengukuran hasil tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase keaktifan siswa pada siklus I yaitu 74,5% dengan kriteria baik mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 77,5%. Adapun prosentase ketuntasan prestasi belajar pada siklus I naik menjadi 66%, dan pada siklus II naik lagi menjadi 83,33%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dan Snowball Drilling berbasis bimbingan dan berbantuan media massa pada siswa kelas III SD Tumpangkrasak 2 Kudus dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPS.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: STAD, Snowball Drilling, Keaktifan, Prestasi Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Oct 2013 02:43
Last Modified: 18 Nov 2013 04:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item