KHOIRUNNISA’, HIDAYAH (2022) Analisis sentimen review produk scarlett menggunakan metode support vector machine. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (238kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (310kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Perawatan kulit merupakan prosedur perawatan yang dilakukan untuk memelihara egative kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit. Melakukan perawatan kulit bisa dilakukan dirumah, dikarenakan banyak sekali produk perawatan kulit yang beredar di pasaran salah satunya yaitu brand Scarlett. Scarlett merupakan salah satu brand local yang memiliki spesialis dalam hal mencerahkan dan melembabkan. Analisis egative merupakan ilmu yang berguna dalam hal menganalisa pendapat seseorang, sentiment seseorang, evaluasi seseorang, sikap seseorang dan emosi seseorang ke dalam bahasa tertulis. Untuk mengetahui apakah data tekstual tersebut termasuk opini egative atau positif pada Twitter maka digunakannya metode Support Vector Machine (SVM) dan untuk mengetahui seberapa besar akurasi yang dihasilkan oleh metode SVM yang diterapkan pada analisis egative , serta mengetahui seberapa puas konsumen dalam menggunakan produk Scarlett. Hasil egative pada produk Scarlett dengan metode Support Vector Machine pada Twitter memiliki akurasi 93%. Pada opini positif mengasilkan 12.6%, netral 77.4%, egative 10%. Dengan adanya penelitian ini diharapkan bagi pengguna yang ingin mencoba produk Scarlett bisa memilih produk sesuai dengan kebutuhan kulit berdasarkan review komentar pada data yang ada.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Evanita, S.Kom, M.Kom Dosen Pembimbing 2.Aditya Akbar Riadi, M.Kom |
Kata Kunci: | Perawatan Kulit, Analisis Sentimen, Scarlett, Twitter, Support Vector Machine |
Subjects: | Teknologi > Teknologi (umum) Teknologi > T1 Teknologi (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 19:46 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 19:46 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17432 |
Actions (login required)
View Item |