Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Bervariasi Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Barongan Kudus

Handayani, Ayuk Sri (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Bervariasi Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Barongan Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN JUDUL) - Accepted Version
Download (511kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (156kB)
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (330kB)
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (481kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (142kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB)

Abstrak

Kata kunci: Keterampilan menulis, Think Pair Share, media Mata pelajaran bahasa Indonesia sudah mulai diajarkan pada jenjang Sekolah Dasar baik di kelas rendah (kelas 1, 2, 3) maupun di kelas tinggi (kelas 4, 5, 6). Dari keempat aspek berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis, aspek menulis merupakan keterampilan berbahasa yang kompleks. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media bervariasi dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita? (2) Sejauh manakah peningkatan keterampilan menulis cerita dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media bervariasi? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media bervariasi dalam peningkatan keterampilan menulis cerita; (2) Menemukan peningkatan keterampilan menulis cerita dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media bervariasi. Menulis cerita merupakan sarana untuk mengungkapkan ide pikiran maupun perasaan melalui bahasa tulis yang mengisahkan tentang perbuatan, pengalaman, atau penderitaan orang, kejadian, dsb baik yang sungguh-sungguh terjadi maupun yang hanya rekaan belaka. Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share mengarahkan siswa untuk berdiskusi secara perpasangan kemudian hasil diskusi dipresentasikan di depan kelas. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga (3) macam. (1) Pada materi melengkapi cerita rumpang media yang digunakan ialah LKS; (2) Media pembelajaran yang digunakan pada materi menulis petunjuk pemakaian ialah benda konkret; (3) dan pada materi menulis cerita rumpang media yang digunakan ialah kartu kata. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode tes dan nontes. Metode nontes berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode tes berupa tes tertulis dengan soal pilihan ganda pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai prasiklus 64,7 dan ketuntasan klasikal sebesar 14%. Rata-rata Siklus I 77,2 dengan ketuntasan klasikal 76%, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 72% dan persentase pengelolaan pembelajaran guru 73%. Pada siklus II diperoleh rata-rata 79,78 dengan ketuntasan klasikal 82%, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 82% dan persentase pengelolaan pembelajaran guru 81%. Pada siklus III diperoleh rata-rata 90,2 dengan ketuntasan klasikal 98%, persentase aktivitas belajar sebesar 95% dan persentase pengelolaan pembelajaran guru sebesar 91%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita SD 3 Barongan Kudus. Berpijak dari penelitian ini, peneliti menyarankan antara lain: Bagi siswa: pada saat mengikuti proses pembelajaran, hendaknya siswa memperhatikan dengan sungguh-sungguh dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Bagi guru: apabila mengalami permasalahan pembelajaran yang identik seperti yang peneliti hadapi, guru dapat menerapkan model pembelajaran yang inovatif misalnya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan menggunakan media yang bervariasi sebagai alat untuk menarik perhatian siswa dengan tetap mengoptimalkan pembelajaran di kelas. Bagi sekolah: sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk memperlancar proses pembelajaran, termasuk media-media pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M. Pd NIP. 19661207 199203 1 003 Pembimbing 2 : Eka Zuliana, S. Pd, M. Pd. NIS. 0610701000001221
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, Think Pair Share, media
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Tanggal Deposit: 14 Nov 2013 02:09
Last Modified: 14 Nov 2013 02:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item