Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Kelas Iv Semester 2 Sdn Ngemplik Wetan 1

Handayani, Tri (2013) Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Kelas Iv Semester 2 Sdn Ngemplik Wetan 1. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (3040Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar until 2013.

    Download (241Kb)
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (579Kb)
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (507Kb)
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (15Mb)
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (336Kb)
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (55Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (100Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (12Mb)

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa kelas IV yang masih rendah. Hal ini dikarenakan guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran IPS. Tujuan IPS dapat dicapai manakala program-program pembelajaran IPS di SD dapat diorganisasikan secara baik. Akan tetapi, kenyataannya siswa tidak dapat belajar secara optimal. Persoalan ini semakin kompleks, mengingat materi pelajaran IPS pada jenjang sekolah sangat luas dan abstrak. Padahal secara psikologis siswa, khususnya pada jenjang SD berada pada tahap operasional kongkrit. Oleh sebab itu, melalui model pembelajaran Snowball Throwing diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian ini (1) untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV semester 2 dengan diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing SDN Ngemplik Wetan 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak tahun ajaran 2012/2013. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi kelas IV semester 2 dengan diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing SDN Ngemplik Wetan 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil pengamatan kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapatkan ketuntasan klasikal sebesar 26,67% dengan rata-rata 56,83 meningkat pada siklus I menjadi 66,67% dengan rata-rata 65,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan rata-rata 74,3. Aktivitas belajar IPS siswa secara individu pada siklus I mendapatkan rata-rata 63% dengan kualifikasi cukup meningkat menjadi 77% di siklus II dengan kualifikasi baik. Aktivitas belajar IPS siswa secara kelompok pada siklus I mendapatkan rata-rata 59% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 79% dengan kualifikasi baik. Kinerja guru pada siklus I mendapatkan rata-rata 71% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 79% dengan kualifikasi baik. Simpulan pada penelitian ini penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS, aktivitas belajar IPS siswa baik individu maupun kelompok, serta kinerja guru. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian untuk menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing maupun model pembelajaran yang lain sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd NIS. 0610701000001218 pembimbing 2 : Aisyah Nur Sayidatun Nisa’, S.Pd, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS, Snowball Throwing.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Ririn Mela Safitri
                    Tanggal Deposit: 14 Nov 2013 09:00
                    Last Modified: 14 Nov 2013 09:00
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1748

                    Actions (login required)

                    View Item