Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd 1 Karangbener Bae Kudus Tahun 2012/2013 Pada Materi Volume Kubus Dan Balokmelalui Alat Peraga Kubus Satuan

Indriyani, Dewi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd 1 Karangbener Bae Kudus Tahun 2012/2013 Pada Materi Volume Kubus Dan Balokmelalui Alat Peraga Kubus Satuan. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (391Kb)
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (151Kb)
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (864Kb)
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (342Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1358Kb)
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (320Kb)
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (95Kb)
                [img] PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (123Kb)
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3997Kb)

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas V SD 1 Karangbener Bae Kudus. Siswa yang tuntas harus menunjukkan nilai minimal 60 di tes akhir. Seperti yang ditunjukkan oleh hasil belajar pretest yang dilakukan pada awal November 2012, hasil belajar siswa belum tuntas dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 56% khususnya pada materi pengukuran volume kubus dan balok. Berdasarkan hasilpengamatan awal siswa hanya belajar materi tersebut melalui gambar. Dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang kreatif dalam pembelajaran. Oleh sebab itu,siswa tidak dapat mengaplikasikan ilmu yang diperolehnyauntuk menyelesaikan masalah terkait dengan kehidupan sehari-hari. Untuk itu perlu adanya terobosan baru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di Sekolah Dasar, salah satunya adalah penggunaan alat peraga.Penggunaan alat peraga kubus satuan dalam penelitian ini untuk mengajak siswa aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa mampu meningkatkan hasil belajarnya. Dalam proses pembelajaran siswa diajak untuk mencari volum kubus dan balok dengan cara menghitung jumlah kubus satuan yang dapat memenuhi dengan tepat model-model berbentuk kubus atau balok. Dengan cara ini siswa akan terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Pengalaman belajar yang diperoleh siswa selama proses pembelajaran akan dengan mudah diingat dan mungkin bisa diterapkan dalam permasalahan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 1 Karangbener Bae Kudus tahun 2012/2013 pada materi volume kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD 1 Karangbener Bae Kudus Tahun pelajaran 2012/2013, dengan menggunakan alat peraga kubus satuan. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 9 siswa (3 laki-laki dan 6 perempuan). Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan tes hasil akhir. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk mengetahui kondisi sekolah dan kondisi siswa sebelumtindakan penelitian dilaksanakan. Metode tes digunakan untuk menggambarkan hasil belajar matematika. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang mana setiap siklus terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan dan pengamatan serta refleksi. Setiap siklus pembelajaran menggunakan metode pengambilan data yang sama. Alat pengumpulan data berupa lembar wawancara, lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan alat peraga kubus satuan, banyaknya siswa yang tuntas hanya 5 dari 9 siswa atau 56% dengan nilai rata-rata 58,2. Setelah diterapkan tindakan pada siklus I siswa yang mengalami ketuntasan dalam belajar menjadi 6 dari 9 siswa atau 67% dengan nilai rata-rata 62. Kemudian diterapkan tindakan siklus II dengan tindakan yang sama memperoleh hasil 7 dari 9 siswa atau 78% dari jumlah seluruh siswa dengan nilai rata-rata 70,4. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa tindakan yang diambil telah meningkatkan hasil belajar matematika siswa sesuai yang direncanakan. Peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan menggunakan alat peraga merupakan alternatif yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika agar strategi pembelajaran di dalam kelas lebih bervariasi.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing 1 : Drs.Sucipto M.Pd, Kons NIS 0610713020001015 Pembimbing 2 : Eka Zuliana S.Pd, M.Pd NIS 0610701000001221
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Alat Peraga Kubus Satuan, Volume Kubus dan Balok.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Ririn Mela Safitri
                    Tanggal Deposit: 14 Nov 2013 09:00
                    Last Modified: 14 Nov 2013 09:00
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1749

                    Actions (login required)

                    View Item