Aniq, Mohammad (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Media Gambar di SD 06 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HAL JUDUL)
01_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (22MB) |
PDF (BAB I)
02_Bab_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
03_Bab_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
04_Bab_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
05_Bab_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
06_Bab_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB VI)
07_Bab_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
PDF (LAMPIRAN)
09_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (112MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar IPS siswa yang rendah, dikarenakan siswa merasa bosan ketika mempelajari IPS. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 06 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Proses pembelajaran yang dilakukan guru masih bersifat konvensional, tidak berorientasi pada kenyataan. Suasana belajar IPS yang cenderung membosankan menyebabkan siswa sulit mempelajari IPS. Anak-anak SD berada pada tahap operasional konkret, dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan media gambar diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV semester 2 SD 06 Bulungcangkring Jekulo Kudus materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya dengan menggunakan model pembelajaran TPS dan media gambar”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 33,3% dengan rata-rata 57,4 meningkat pada siklus I menjadi 61,1% dengan rata-rata 63,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,9% dengan rata-rata 79,8. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mendapat rata-rata 2,47 dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 2,51 dengan kategori baik. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus I mendapatkan rata-rata 2,87 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 3,04 dengan kriteria baik. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran TPS dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, yaitu nilai evaluasi siswa sebagai aspek kognitif, dan aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru dalam pembelajaran sebagai aspek afektif dan psikomotor. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian untuk menggunakan model pembelajaran TPS dan media gambar maupun model pembelajaran yang lain serta media lain sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: (I) Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd, (II) Aisyah Nur Sayidatun Nisa’, S. Pd, M. Pd. |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Hasil belajar IPS, think pair share, media gambar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ririn Mela Safitri |
Date Deposited: | 14 Nov 2013 01:55 |
Last Modified: | 14 Nov 2013 01:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1756 |
Actions (login required)
View Item |