Efektivitas penanganan preventif dinas sosial p3ap2kb kabupaten kudus terhadap gelandangan, pengemis, dan anak jalanan

NUGROHO, MUHAMMAD AGUNG (2022) Efektivitas penanganan preventif dinas sosial p3ap2kb kabupaten kudus terhadap gelandangan, pengemis, dan anak jalanan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (835kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy

Abstrak

Skripsi yang berjudul “EFEKTIVITAS PENANGANAN PREVENTIF DINAS SOSIAL P3AP2KB KABUPATEN KUDUS TERHADAP GELANDANGAN, PENGEMIS, DAN ANAK JALANAN” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui mekanisme usaha preventif yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial P3AP2KB (Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana) Kabupaten Kudus terhadap gelandangan, pengemis, dan anak jalanan. Skripsi ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat penanganan preventif Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus terhadap gelandangan, pengemis, dan anak jalanan di Kabupaten Kudus. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Dalam hal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Hasil penelitian ditemukan bahwa Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus dalam penanganan preventif terhadap para gelandangan, pengemis, dan anak jalanan di Kabupaten Kudus diatur di Pasal 7 Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 15 Tahun 2017 tentang penanggulangan gelandangan, pengemis, dan anak jalanan. Dalam pasal tersebut, usaha preventif wajib dilaksanakan dalam rangka mencegah berkembangnya gelandangan, pengemis, dan anak jalanan. Penanganan preventif dilaksanakan dengan penyuluhan, bimbingan sosial, pembinaan sosial, bantuan sosial dan pelatihan-pelatihan. Hambatan dalam penanganan preventif terhadap gelandangan, pengemis, dan anak jalanan di Kabupaten Kudus yang dilaksanankan Dinas Sosial P3AP2KB adalah karena faktor sosial budaya para gelandangan, pengemis, dan anak jalanan. Mereka menganggap aktivitas menggelandang, mengemis, dan anak jalanan sebagai ladang pekerjaan bagi mereka. SDM Dinas Sosial P3AP2KB yang banyak tidak berlatarbelakang ilmu sosial, tidak ada pelatihan keterampilan lagi, pemberian informasi melalui baliho tidak ada lagi, belum mempunyai panti rehabilitasi juga menjadi hambatan Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus. Kurang berpartisipasinya masyarakat dalam penanggulangan gelandangan, pengemis, dan anak jalanan juga menjadikan penanganan menjadi belum maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Anggit Wicaksono, S.H., M.H. Dosen Pembimbing 2. Adissya Mega Christia, S.H., M.H.
Kata Kunci: Preventif; Dinas Sosial P3AP2KB; gelandangan, pengemis, dan anak jalanan
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Dec 2022 19:35
Last Modified: 26 Dec 2022 19:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17560

Actions (login required)

View Item View Item