Pelaksanaan perjanjian bagi hasil pengolahan tambak garam antara pemilik tambak dengan petani penggarap di desa surodadi kecamatan kedung kabupaten jepara

LESTARI, RAFIKA (2022) Pelaksanaan perjanjian bagi hasil pengolahan tambak garam antara pemilik tambak dengan petani penggarap di desa surodadi kecamatan kedung kabupaten jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (960kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul “PELAKSANAAN PERJANJIAN BAGI HASIL PENGOLAHAN TAMBAK GARAM ANTARA PEMILIK TAMBAK DENGAN PETANI PENGGARAP DI DESA SURODADI KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA” secara umum bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan pilihan pola bagi hasil pengolahan tambak garam di Desa Surodadi Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara, serta untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan perjanjian bagi hasil pengolahan tambak garam antara pemilik tambak dengan petani penggarap di Desa Surodadi Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Yuridis Sosiologis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh, kemudian data disusun secara sistematis dan dianalisa melalui deskriptif analitis, sehingga diperoleh mengenai kejelasan terhadap permasalahan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Faktor-faktor yang menentukan sistem pola pembagian bagi hasil dalam perjanjian bagi hasil di Desa Surodadi Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara yaitu Adanya kerja sama yang bersifat gotong royong dan keadaan saling membutuhkan, Modal yang dikeluarkan tidak besar, Luas Tambak, Rendahnya pemahaman tentang aturan perundang-undangan tentang perjanjian bagi hasil, dan sesuai dengan Adat atau kebiasaan masyarakat setempat. Terdapat dua pola bagi hasil, yaitu maro dan mertelu. 2) Pelaksanaan perjanjian bagi hasil pertanian di Desa Surodadi, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara dilakukan secara adat dan kebiasaan yang dilakukan masyarakat setempat secara lisan. Objek perjanjian bagi hasil pengolahan tambak garam ialah garam yang dihasilkan di atas tambak garam. Jangka waktu perjanjian biasanya dilakukan dalam satu kali musim panas dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan para pihak. Dalam perjanjian bagi hasil yang dilakukan oleh masyarakat Desa Surodadi timbul wanprestasi dari pemilik tambak maupun petani penggarap yaitu penjualan garam secara diam-diam, pembagian hasil yang tidak sesuai dengan perjanjian, serta penjualan harga garam yang tidak transparan. Selain itu, jika dilihat dari jangka waktu perjanjian yang tidak ditentukan maka pihak petani penggarap berada dipihak yang lemah karena sewaktu-waktu dapat diberhentikan oleh pemilik tambak. Penyelesaian masalah yang timbul dalam perjanjian bagi hasil antara pemilik tambak dengan petani penggarap di Desa Surodadi Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara dilakukan secara musyawarah antara pihak pemilik tambak dengan petani penggarap saja.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dwiyana Achmad Hartanto, S.H., S.H.I., M.H. Dosen Pembimbing 2. Wahyu Edy A. S.H., M.H.
Kata Kunci: Pelaksanaan Perjanjian, Bagi Hasil, Tambak Garam.
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Dec 2022 19:58
Last Modified: 26 Dec 2022 19:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17567

Actions (login required)

View Item View Item