Dinamika penanggulangan kemiskinan oleh pemerintah desa di kecamatan jati kabupaten kudus

KHOFIFAH, - (2022) Dinamika penanggulangan kemiskinan oleh pemerintah desa di kecamatan jati kabupaten kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Skripsi yang berjudul “DINAMIKA PENANGGULANGAN KEMISKINAN OLEH PEMERINTAH DESA DI KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui upaya Pemerintah Desa untuk menanggulangi kemiskinan di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Desa dalam menanggulangi kemiskinan di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Dalam hal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian bahwa upaya Pemerintah Desa untuk menanggulangi kemiskinan di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus yaitu melalui pelaksanaan BLT dan PKH. Pemerintah Desa Loram Wetan dan Pemerintah Desa Loram Kulon melaksanakan BLT dengan mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 190/PMK.07/2021 Tentang Pengelolaan Dana Desa. Pelaksanaan bantuan PKH oleh Pemerintah Desa Loram Wetan dan Pemerintah Desa Loram Kulon mengacu pada Undang–Undang Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan dan untuk mekanisme pelaksanaannya mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Nomor: 13/3/BS.01.02/3/2022 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan. Kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Desa dalam menanggulangi kemiskinan di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus masih banyak. Pemerintah Desa Loram Wetan dan Pemerintah Desa Loram Kulon dalam melaksanakan BLT dan PKH sering mengalami kendala. Adapun kendala yang dihadapi Pemerintah Desa Loram Wetan dan Pemerintah Desa Loram Kulon dalam melaksanakan BLT yaitu, seperti keterlambatan penyaluran dana bantuan, adanya pemilihan Kepala Desa, mengenai pengurusan administrasi, dan juga ketepatan dalam memilih Keluarga Penerima Manfaat. Sedangkan kendala dalam pelaksanaan PKH yaitu, Pemerintah Desa tidak bisa menerima warga menjadi KPM PKH, penerima PKH baru muncul ketika warga sudah pindah domisili, KPM PKH yang masih awam dengan jasa perbankan, dan Pendamping PKH yang tidak bisa mendampingi KPM selama masa Pandemi Covid-19.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Lidya Christina wardhani,S.H.,M.H.,M.Kn Dosen Pembimbing 2.Adissya Mega Christia,S.H.,M.H
Kata Kunci: Pelaksanaan, Bantuan Langsung Tunai, Program Keluarga Harapan.
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Dec 2022 20:01
Last Modified: 26 Dec 2022 20:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17568

Actions (login required)

View Item View Item