Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV Semester 2 melalui Metode Inkuiri pada Materi Jaring-Jaring Balok dan Kubus

Maesyaroh, Lutfiyatul (2013) Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV Semester 2 melalui Metode Inkuiri pada Materi Jaring-Jaring Balok dan Kubus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (634Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (237Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (354Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (415Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (425Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (365Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (194Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (257Kb) | Tinjau ulang

                  Abstrak

                  Aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting untuk mewujudkan pembelajaran bermakna. Hal tesebut dapat tercapai dengan penerapan metode yang bisa menimbulkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Kenyataan di lapangan, pembelajaran masih bersifat konvensional dengan metode ceramah yang berpusat pada guru, sehingga aktivitas peserta didik dalam pembelajaran termasuk dalam kategori kurang baik. Hal tersebut juga berpengaruh pada hasil belajar matematika peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV semester 2 melalui metode inkuiri pada materi menentukan jaring-jaring balok dan kubus di MI NU Islamiyah tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV semester 2 melalui metode inkuiri pada materi menentukan jaring-jaring balok dan kubus di MI NU Islamiyah tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Hopkins yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan tindakan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan dengan instrumen penelitian berupa pedoman observasi, tes hasil belajar, dan pedoman wawancara. Adapun teknik analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif dengan persentase dan analisis data kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar matematika peserta didik dari kategori cukup baik (2,47) pada siklus 1, meningkat menjadi sangat baik (3,31) pada siklus 2. Penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode inkuiri juga menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika peserta didik pada siklus 1 sebesar 71% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 90%. Dengan rata-rata nilai hasil belajar matematika peserta didik sebesar 67 pada siklus 1 dan pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik meningkat menjadi 80. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan: terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV semester 2 melalui penerapan metode inkuiri pada materi menentukan jaring-jaring balok dan kubus di MI NU Islamiyah tahun pelajaran 2012/2013. Penulis menyarankan bagi para guru sekolah dasar untuk menerapkan metode inkuiri dalam pembelajaran matematika agar dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing: (i) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.(ii) Eka Zuliana, M.Pd
                  Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: aktivitas belajar matematika, metode inkuiri, jaring-jaring balok dan kubus
                  Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                  Depositing User: Ririn Mela Safitri
                  Tanggal Deposit: 14 Nov 2013 08:55
                  Last Modified: 14 Nov 2013 08:55
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1757

                  Actions (login required)

                  View Item