Tugas dan wewenang dinas sosial p3ap2kb untuk menyelesaikan permasalahan keluarga penerima manfaat program keluarga harapan di kecamatan gebog kabupaten kudus

VIAGA, VANESSA (2022) Tugas dan wewenang dinas sosial p3ap2kb untuk menyelesaikan permasalahan keluarga penerima manfaat program keluarga harapan di kecamatan gebog kabupaten kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul “TUGAS DAN WEWENANG DINAS SOSIAL P3AP2KB UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS” ini secara umum bertujuan untuk memahami serta menganalitis tugas dan wewenang Dinas Sosial P3AP2KB untuk menyelesaikan permasalahan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus, dan untuk memahami serta menganalitis konsekuensi yang terjadi jika Dinas Sosial P3AP2KB tidak melaksanakan tugas dan wewenang untuk menyelesaikan permasalahan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Yuridis Sosiologis. Ini dilakukan dengan mengkaji ketentuan hukum (das sollen) yang berlaku serta melihat apa yang terjadi kenyataannya (das sein) di masyarakat. Dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dialami Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus, yang meliputi pembentukan program DADALI (DTKS Terkendali), menunjang dana PKH dengan Program Bantuan Komplementer, mengajukan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH), menyediakan bantuan pemakaman sebesar 1 juta rupiah, menerbitkan SK (Surat Keputusan) izin pengasuhan sementara, menyediakan pemberdayaan dengan pelatihan-pelatihan, melakukan pendampingan terhadap anak dibawah umur yang berhadapan dengan hukum, membantu KPM PKH mendapatkan beasiswa, membimbing KPM mengurus data kepindahan domisili serta berkomitmen memberikan uang jalan kepada pendamping PKH. Konsekuensi yang akan diterima Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus apabila tidak dapat menyelesaikan permasalahan KPM PKH di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus adalah pengenaan Hukuman Disiplin. Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus disebut telah menyalahgunakan wewenang yang berpijak pada peraturan dasar mengenai tugas dan wewenang Dinas Sosial P3AP2KB dalam Pasal 31 ayat (4) Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan yang dapat dikenai Hukuman Disiplin Berat sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Lidya Christina Wardani, SH., MH., Mkn Dosen Pembimbing 2. Adissya Mega Christia, S.H., M.H.
Kata Kunci: Dinas Sosial P3AP2KB, Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH)
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Dec 2022 20:26
Last Modified: 26 Dec 2022 20:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17573

Actions (login required)

View Item View Item