Penerapan Model Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika materi Luas Permukaan Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V

Anggraeni, Tias (2013) Penerapan Model Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika materi Luas Permukaan Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (611Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (120Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (193Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (215Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (512Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (93Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (98Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (99Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model realistic mathematic education dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas permukaan kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 4 Klaling?. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model realistic mathematic education dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi luas permukaan kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 4 Klaling. Hasil belajar matematika merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses pembelajaran dalam bidang pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai pada pembelajaran matematika. Realistic mathematic education atau dapat disingkat RME adalah suatu model pembelajaran matematika yang tersusun dari kegiatan matematisasi horisontal dan vertikal dalam pemecahan masalah dengan didasari hal-hal yang nyata dan dapat dibayangkan oleh siswa. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah penerapan model RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas permukaan kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 4 Klaling Jekulo Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 4 Klaling dengan subjek penelitian ini adalah 15 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencana, perlakuan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model RME. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika materi luas permukaan kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 4 Klaling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode tes, metode observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika siswa pada materi luas permukaan kubus dan balok yang cukup signifikan antara prasiklus (26,67 %), siklus I (53,33 %), dan siklus II (86,67 %), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dari skor rata-rata siklus I 2,62 (baik) menjadi 2,84 (baik) di siklus II. Pengelolaan pembelajaran RME juga mengalami peningkatan dari skor rata-rata siklus I 2,49 (baik) menjadi 3,29 (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas permukaan kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 4 Klaling. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model RME dapat dijadikan salah satu alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan pembelajaran matematika di kelas.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing (1) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd (2) Eka Zuliana, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: RME, Hasil Belajar, Luas Permukaan Kubus dan Balok.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Ririn Mela Safitri
                    Tanggal Deposit: 14 Nov 2013 08:53
                    Last Modified: 14 Nov 2013 08:53
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1758

                    Actions (login required)

                    View Item