FAHRUDIN, IMAM (2022) Perancangan chassis monocoque pada kendaraan panser dengan metode finite element analysis (fea). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (709kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (328kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (908kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (326kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
Abstrak
Negara – negara besar berusaha untuk mengembangkan persenjataan sebagai produk industri pertahanan mereka dengan mengutamakan aplikasi teknologi canggih. Salah satunya dengan menciptakan alat transportasi yang bisa bermanuver dan dapat membawa logistik di medan perang yaitu kendaraan panser. Perancangan chassis monocoque pada kendaraan panser dengan desain futuristik dengan tetap memprioritaskan kepentingan logistik di medan perang. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mensimulasikan chassis monocoque pada kendaraan panser yang mampu menahan beban muatan kendaraan panser 6610 kg. Metode yang digunakan yaitu melakukan studi literature kemudian mendesain chassis monocoque menggunakan material baja AISI 1018 106 HR, kemudian tahap perhitungan manual kemudian tahap simulasi desain chassis monocoque menggunakan metode Finite Element Analysis(FEA) untuk mengetahui von mises stress, equivalent strain, displacement dan safety factor. Simulasi dilakukan menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2022. Hasil penelitian menunjukkan pembebanan maksimum terjadi pada chassis monocoque bagian belakang di area tempat logistik. Hasil perhitungan manual von mises stress sebesar 33.04 MPa, equivalent strain sebesar 1.652e-04 , displacement sebesar 0.24 mm dan safety factor sebesar 7.56. Sedangkan hasil simulasi menggunakan mesh 50 mm, von mises stress sebesar 33.08 MPa, equivalent strain sebesar 1.586e-04, displacement sebesar 0.35 mm dan safety factor sebesar 7.56.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Rochmad Winarso, S.T., M.T. Dosen Pembimbing 2. Taufiq Hidayat, S.T., M.T. |
Kata Kunci: | Chassis, Kendaraan Panser, Finite Element Analysis (FEA) |
Subjects: | Teknologi > Teknik mesin dan mekanik |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 19:12 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 19:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17594 |
Actions (login required)
View Item |