Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya pada Kelas V.

Erviana, Tesa (2013) Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya pada Kelas V. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (510Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (2066Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (17Mb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (5Mb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (9Mb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (3414Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (567Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (568Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (67Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Hasil belajar yang rendah merupakan salah satu masalah yang di alami siswa kelas V SDN 8 Kandangmas, observasi yang dilakukan terhadap hasil belajar IPA siswa semester 1 menujukkan bahwa 45% siswa dinyatakan belum tuntas. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diadakan perbaikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran AIR. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi Cahaya dan Sifat-sifatnya pada siswa kelas V SDN 8 Kandangmas dengan diterapkannya model pembelajaran AIR?. Tujuan penelitian ini ialah: (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran AIR pada mata pelajaran IPA materi Cahaya dan Sifat-sifatnya pada siswa kelas V SDN 8 Kandangmas. (2) Mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar IPA materi Cahaya dan Sifat-sifatnya dengan diterapkannya model pembelajaran AIR pada siswa kelas V SDN 8 Kandangmas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran AIR dapat terlaksana dengan baik, dengan perolehan pada siklus I sebesar 72,8 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 88,8 dengan kategori baik sekali. (2) Hasil belajar siswa dinyatakan tuntas dengan perolehan persentase pada siklus I sebesar 65% dengan kategori cukup baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95% dengan kategori baik sekali. Sedangkan aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 64 dengan kategori cukup baik dan meningkat pada siklus II menjadi 78 dengan kategori baik. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 8 Kandangmas dapat meningkat dan berhasil dengan baik setelah diterapkannya model pembelajaran AIR. Saran setelah dilakukan penelitian ini ialah sebelum menggunakan model pembelajaran AIR diharapkan peneliti lebih memahami arti model pembelajaran AIR agar tercipta hasil belajar yang baik.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: (i) Drs. Susilo Rahardjo, M. Pd., (ii) Yuni Ratnasari, S. Si, M. Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran AIR.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Ririn Mela Safitri
                    Tanggal Deposit: 13 Nov 2013 12:36
                    Last Modified: 13 Nov 2013 12:36
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1760

                    Actions (login required)

                    View Item