Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Fungsi Pembuatan Karya/Model Perubahan Energi Melalui Model Pembelajaran CTL Pada Siswa Kelas IV SD 3 Terban

Hastuti, Nur Puji (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Fungsi Pembuatan Karya/Model Perubahan Energi Melalui Model Pembelajaran CTL Pada Siswa Kelas IV SD 3 Terban. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (449Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (183Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (426Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (686Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (846Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (223Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (159Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (158Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (13Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Berdasarkan hasil observasi, diperoleh hasil bahwa rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD 3 Terban dikarenakan guru hanya menggunakan metode konvensional yaitu lebih sering menggunakan ceramah dan kurang memberikan contoh nyata pada siswa. Siswa juga tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Pengetahuan yang diterima juga kurang melekat kuat dalam pikiran mereka sehingga hasil belajarnya rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal yaitu model pembelajaran CTL. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana penerapan model pembelajaran CTL dalam materi fungsi pembuatan karya/model perubahan energi pada siswa kelas IV SD 3 Terban? (2) bagaimana hasil belajar IPA pada materi fungsi pembuatan karya/model perubahan energi dengan diterapkannya model pembelajaran CTL pada siswa kelas IV SD 3 Terban?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CTL dalam materi fungsi pembuatan karya/model perubahan energi pada siswa kelas IV SD 3 Terban, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi fungsi pembuatan karya/model perubahan energi dengan diterapkannya model pembelajaran CTL pada siswa kelas IV SD 3 Terban. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 3 Terban tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif . Berdasarkan tes hasil belajar, terdapat peningkatan hasil belajar siswa SD 3 Terban dalam setiap siklus. Nilai rata-rata siklus I mencapai 74,25 dengan ketuntasan klasikal 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 87 dengan ketuntasan klasikal 100%, ini membuktikan bahwa model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi fungsi pembuatan karya/model perubahan energi pada siswa kelas IV SD 3 Terban. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas peneliti dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA juga terdapat peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 59% (masuk dala kualifikasi cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 76% (masuk dalam kualifikasi baik), sedangkan aktivitas peneliti pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 63% (masuk dalam kualifikasi cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 84% (masuk dalam kualifikasi baik). Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA materi fungsi pembuatan karya/model perubahan energi dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran CTL pada siswa kelas IV SD 3 Terban. Peneliti menyarankan kepada (1) Siswa hendaknya aktif dalam pembelajaran dan kerjasama diantara siswa dalam kelompok perlu ditingkatkan, (2) guru hendaknya menggunakan model pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPA karena model pembelajaran tersebut telah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 3 Terban, (3) sekolah hendaknya memberi himbauan dan dukungan terhadap guru agar menggunakan model pembelajaran inovatif salah satunya model pembelajaran CTL, karena model pembelajaran CTL telah terbukti meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD 3 Terban.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing I: Drs. Susilo Rahardjo, M. Pd. II: Yuni Ratnasari, S.Si, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil belajar IPA, fungsi pembuatan karya/model perubahan energi, CTL
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Ririn Mela Safitri
                    Tanggal Deposit: 13 Nov 2013 12:36
                    Last Modified: 13 Nov 2013 12:36
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1761

                    Actions (login required)

                    View Item