Anggraeni, Dyah Luthfi (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat Cahaya melalui Model Pembelajaran CTL pada Siswa Kelas V SD 9 Tanjungrejo. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HAL JUDUL)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (BAB I)
Bab_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
Bab_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
Bab_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
Bab_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (836kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
Bab_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB VI)
Bab_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (161kB) |
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) telah melaju dengan pesatnya. Hal ini erat hubungannya dengan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi memberikan wahana yang memungkinkan IPA berkembang dengan pesat, perkembangan IPA yang sangat pesat menuntut para pendidik untuk dapat merancang dan melaksanakan pendidikan yang lebih terarah pada penguasaan konsep IPA, yang dapat menunjang kegiatan sehari-hari dalam masyarakat. Salah satu keharusan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA adalah mampu memberikan teknik penyajian materi atau bahan pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Proses pembelajaran IPA yang berlangsung di kelas V SD 9 Tanjungrejo cenderung menempatkan guru sebagai sumber belajar utama, cara mengajar guru lebih banyak menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan aktivitas siswa secara langsung sehingga menjadikan mereka kurang memperhatikan penjelasan guru, dan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Hal ini, merupakan permasalahan yang perlu dicari solusinya. Untuk itu, peneliti tertarik membantu memecahkan permasalahan hasil belajar siswa rendah. Peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPA materi sifat cahaya. Model pembelajaran CTL akan membantu siswa lebih cepat memahami materi sifat cahaya. Pengetahuan awal siswa tentang cahaya akan mendorong siswa mengaitkan pengetahuan yang dimiliki dengan materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPA materi sifat cahaya dan meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat cahaya pada kelas V SD 9 Tanjungrejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 9 Tanjungrejo dengan subjek penelitian berjumlah 15 siswa. Penelitian ini meliputi dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap observasi. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Selain itu, analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata kelas 70 dengan ketuntasan belajar klasikal 73%, sehingga ketuntasan belajar klasikal belum tercapai karena belum mencapai indikator yang ditentukan yaitu ≥ 75% dan masih ada 4 siswa yang belum tuntas. Tindakan peneliti, kondisi siswa, dan situasi pembelajaran masih dalam kualifikasi cukup dan belum berhasil. Oleh karena itu, dilanjutkan ke siklus II dengan perencanaan sesuai dengan kekurangan pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas 83 dengan ketuntasan belajar klasikal 100% dan semua siswa tuntas, sehingga ketuntasan belajar klasikal mencapai indikator yang ditentukan yaitu ≥ 75%. Tindakan peneliti, kondisi siswa, dan situasi pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu dengan kualifikasi baik dan berhasil. Peneliti menyarankan bagi para guru SD untuk menerapkan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPA karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, dalam menerapkan model pembelajaran CTL guru harus terus berupaya agar siswa aktif dalam setiap proses pembelajaran dengan menerapkan perencanaan yang telah dibuat yang mencakup komponen-komponen CTL.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: (i) Dr. Sukiman, M.Pd., (ii) Yuni Ratnasari, S. Si, M. Pd |
Kata Kunci: | Kata-kata Kunci: Hasil belajar IPA, sifat cahaya, CTL |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ririn Mela Safitri |
Date Deposited: | 13 Nov 2013 05:34 |
Last Modified: | 13 Nov 2013 05:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1763 |
Actions (login required)
View Item |